URGENSI SERTIFIKASI HALAL MAKANAN DAN MINUMAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS SYARIAH
URGENSI SERTIFIKASI HALAL MAKANAN DAN MINUMAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS SYARIAH
Abstract
Pencantuman sertifikasi label halal pada makanan menjadikan sebagai sarana yang efektif bagi konsumen untuk memilah makanan halal dengan lebih mudah dan merupakan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab produsen dalam berbisnis serta perlindungan bagi konsumen. Bagaimanapun juga konsumen berhak untuk mengetahui dan mendapatkan sebuah informasi yang jelas dan rinci mengenai setiap komposisi atau bahan yang digunakan dalam pembuatan produk yang telah diperjual belikan. Hal tersebut juga dikarenakan produk-produk yang beredar dimasyarakat belum tentu aman terutama bagi konsumen muslim. Oleh karena itu tujuan dari penulisan ini yakni agar para produsen serta konsumen sadar akan pentingnya sebuah pencantuman label halal dan sertifikasi halal disetiap produk yang mereka edarkan dilingkungan masyarakat. Kemudian dalam penulisan artikel ini metode yang digunakan oleh penulis ialah menggunakan metode kualitatif studi pustaka yang berasal dari berbagai karya ilmiah di internet dengan pembahasan yang sesuai dengan tema penulis. Serta hasil yang diperoleh dari penulisan ini yakni kesadaran produsen awalnya sangat minim dan para konsumen juga menganggap label halal tidak terlalu penting. Namun, akibat banyaknya sosialisasi terhadap halal life membuat mereka melek terhadap pentingnya sertifikasi halal produk makanan