Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pada Siswa Kelas IV SDN Andungbiru II Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Di SDN Andungbiru II Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, penelitian ini menyelidiki apakah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS dalam materi subtema keberagaman budaya bangsaku. Studi ini menggunakan media gambar Tahun Pelajaran 2021/2022. PTK terdiri perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 22 siswa dari SDN Andungbiru II di Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, terdiri dari 8 laki-laki dan 14 perempuan. Studi ini menemukan bahwa dengan menggunakan media gambar, model STAD dapat digunakan untuk meningkatkan hasil IPS materi subtema keberagaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV SDN Andungbiru II Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil tes Siklus I dan II menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS saya tentang elemen keberagaman budaya negara saya. Subtema keberagaman budaya bangsaku memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,31 pada awal siklus I, dan ketuntasan klasikal mencapai 45,45% (10 dari 22 siswa) dengan nilai setidaknya 65 (nilai KKM). Pada akhir siklus I, subtema keberagaman budaya bangsaku memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,27.