Peningkatan Hasil Belajar Gerakan Dominan dalam Senam Lantai melalui Penerapan Model Pembelajaran Resiprocal Learning pada Siswa Kelas VI SD Negeri Sindetlami II Kecamatan Besuk

  • Suprapto Suprapto SD Negeri Sindetlami II Kecamatan Besuk, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sindetlami II Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tentang materi Gerakan Dominan dalam Senam Lantai pada tahun pelajaran 2021/2022.  Siswa kelas VI dari SDN Sindetlami II Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran lompat tinggi selama ujian praktek. Selama proses pengumpulan data, dilakukan observasi dan tes. Setelah menggunakan produk, elemen psikomotorik, koqnitif, dan afektif siswa diidentifikasi dengan statistik sederhana dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat membantu siswa. Data observasi siswa (afektiF) adalah 74,86% pada siklus I dan 90,34% pada siklus II, masing-masing. Unjuk kerja psikomotor siswa mencapai 27,27% pada siklus I, 54,55% pada siklus II, dan 90,91% pada siklus III, masing-masing.

Published
2023-10-31