Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery) pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukodadi I Kecamatan Paiton
Abstract
Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan tujuan pembelajaran adalah peran guru dalam proses belajar mengajar, di mana mereka bertanggung jawab langsung untuk mempengaruhi, membina, dan meningkatkan kecerdasan dan keterampilan siswa. Guru diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memilih model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Studi ini menggunakan 2 putaran penelitian tindakan. Penelitian ini ditujukan kepada siswa yang berada di kelas V SD Negeri Sukodadi I di Kecamatan Paiton selama semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Data diperoleh dari lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan hasil tes formatif. Prestasi belajar siswa meningkat pada 68,18% di Siklus I dan 86,36% di Siklus II. Studi ini menemukan bahwa metode penemuan, atau penemuan, dapat berdampak positif pada motivasi belajar Siswa V SD Negeri Sukodadi I Kecamatan Paiton selama tahun pelajaran 2022/2023. Pembelajaran IPA juga dapat dilakukan dengan metode ini.