Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Perdagangan Internasional Siswa Kelas IX SMPN 3 Maron Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan dari PTK ini adalah sebagai berikut: 1) Menentukan seberapa efektif model penyelesaian masalah kreatif (CPS) dalam mengajar materi perdagangan internasional kepada siswa kelas IX-7 SMPN 3 Maron. Siswa 39 dari kelas IX-7 SMPN 3 Maron adalah subjek peniltian ini. Bagian dari penelitian ini adalah tabulasi, analisis, dan pengolahan data manual. Menurut hasil penelitian, "Penggunaan model pembelajaran CPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perdagangan internasional di kelas IX-7 SMPN 3 Maron Tahun Pelajaran 2018/2019." Hasil belajar rata-rata dari awal hingga siklus III adalah 74,16%, ketuntasan pada siklus I adalah 64,10%, dan ketuntasan pada siklus II adalah 82,05%. Selain itu, penerapan model pembelajaran CPS dapat berdampak positif pada perkembangan dan kemajuan siswa selama proses belajar mengajar. Siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas karena mereka merasa nyaman di kelas. Pada akhirnya, ini akan menghasilkan pendidikan yang lebih baik.