Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar dalam Membuat Cake untuk Ulang Tahun pada Siswa Kelas XII Tata Boga 5 Smk Negeri 3 Blitar
Abstract
Sebagai guru pada era revolusi industri 4.0 tidak hanya berfungsi hanya sebatas transfer ilmu saja tetapi ada yang lebih besar lagi, yaitu sebagai motivator, pembentuk karakter dan menfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dianggap bisa membekali mereka di masa depan adalah pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Melalui PjBL, proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing siswa dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Hasil analisis tindakan dua siklus disimpulkan, bahwa.: 1) Pembelajaran membuat cake ulang tahun dengan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 3,07, dari siklus I sebesar 80,57 menjadi 83,64. Hal ini dibuktikan pada siklus tindakan I rata-rata berkategori cukup kreatif meningkat pada kategori kreatif untuk siklus II, atau jumlah siswa yang berkategori sangat kreatif dan kreatif sebesar 62,67% % dari siklus I, meningkat menjadi 100% pada siklus II.