Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X MA

  • Ermawati Ermawati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Kompetensi Guru, prosional dan Supervisi

Abstract

Penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan penerapan model belajar yang kooperatif  tipe tutor sebaya untuk menambah hasil belajar bahasa indonesia, teks laporan hasil observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Miftahul Khoir Menyono Kuripan Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur, berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, juga observasi. Penelitian dilaksanakan dua siklus,masing-masing siklus terdapat empat tahap,: 1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi serta interpretasi (4) analisis juga refleksi. Dari penelitian yang sudah dilaksanakan, bisa di ambil kesimpulan  terdapat peningkatan hasil belajar Tema 4 Subtema 3 hidup bersih, sehat di tempat bermain siswa dari penggunaan metode tutor sebaya. Data observasi awal rata-rata kelas 51,83 dengan persentase ketuntasan belajar 21,74%,  5 siswa tuntas dari 23 siswa. Pada siklus I bertambah 66,09%, 12 siswa tuntas rata-rata nilai 52,17% tetapi belum mencapai KKM yang sudah di sepakati. Pada siklus II meningkat 82,61%, 19 siswa tuntas dengan rata-rata nilai 82,78. Dengan begitu disimpulkan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya bisa menambah hasil belajar bahasa indonesia materi teks laporan hasil observasi baik sehingga layak untuk di terapkan di MA Miftahul Khoir Menyono Kuripan Kabupaten Probolinggo

Published
2024-10-31