Meningkatkan Literasi Saintifik Siswa: Evaluasi Efektivitas Program Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dalam Memilih Topik Riset di SMP MIDA Kabupaten Blitar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan literasi saintifik siswa dalam belajar pada program kelompok ilmiah remaja (KIR) di SMP MIDA Kabupaten Blitar. Urgensi dari pelaksanaan penelitian ini yaitu dalam mengasah keterampilan berpikir kritis dan kreatifitas siswa dalam literasi saintifik. Metode yang digunakan yaitu observasi kepada 32 siswa kelas 7, 8 dan 9 SMP MIDA Kabupaten Blitar. Analisis data menggunakan bantuak software SPSS untuk mengetahui efektivitas KIR dengan tema memilih topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan jika siswa SMP MIDA mendapatkan nilai hasil belajar memilih topik penelitian dalam KIR meningkat sebanyak 59,91 dengan nilai pretest 29,22 dan nilai postest 89,13. Sedangkan nilai efektivitas Ngain prosentase sebanyak 84,52% (efektifitas tinggi).