Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Cacah melalui Model Contekstual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas I MI
Abstract
Penguasaan matematika telah menjadi semakin penting untuk upaya pribadi dan profesional, menggarisbawahi perlunya evaluasi berkelanjutan dan peningkatan program pendidikan matematika dalam bidang akademik. Pendidik matematika modern harus tetap mengikuti perkembangan terbaru dalam kurikulum yang sering berkembang dengan cara ini. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai masalah yang memerlukan penyelidikan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk memahami dan mengilustrasikan penerapan Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL) dalam pengajaran matematika mengenai penambahan angka di MI Darus Sa'adah Kelas I, dan (b) menilai dan merinci peningkatan prestasi matematika mengenai penjumlahan angka melalui pendekatan Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL) di MI Darus Sa'adah Kelas I. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian aksi dua fase. Setiap fase terdiri dari dua sesi dan diikuti empat tahap: desain, aktivitas dan observasi, refleksi, dan revisi. Fokus penelitian ini adalah siswa MI Kelas I Darus Sa'adah. Data dikumpulkan dalam bentuk skor tes dan lembar observasi yang mendokumentasikan proses belajar mengajar. Temuan menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan CTL secara positif mempengaruhi hasil pembelajaran siswa, sebagaimana dibuktikan dengan peningkatan keterlibatan siswa sepanjang setiap siklus, khususnya siklus I (64%) dan siklus II (96%).