Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Karyawisata Untuk Anak Tunagrahita Kelas VIII Di SLB Negeri Seduri Mojokerto

  • Sri Sungkawati SLB Negeri Seduri Mojokerto, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan strategi pembelajaran menulis deskripsi; dan 2) menggunakan karyawisata untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi anak tunagrahita kelas VIII di SLB Negeri Seduri di Mojokerto. Penelitian tindakan kelas, atau kerja sama, digunakan. Studi ini melibatkan sembilan siswa dari kelas VIII yang tidak memiliki nama. Model Kemmis dan Mc. Taggart digunakan untuk mendesain penelitian ini. Tiga metode pengumpulan data digunakan: tes, observasi, dan dokumentasi. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan tiga bukti bahwa pembelajaran berjalan lebih baik: siswa lebih terlibat dan terlibat dalam proses pembelajaran, pelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, dan pembelajaran memiliki kualitas yang lebih baik. Siklus I mengalami peningkatan rata-rata sebesar 11,25, meningkatkan kondisi awal dari 58,75 menjadi 70, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,75, meningkatkan kondisi awal dari 70 menjadi 83,75. Peningkatan ini telah menghasilkan kemampuan untuk menulis deskripsi anak tunagrahita.

Published
2024-01-09