Pengembangan Adab Bermedia Sosial dalam Pandangan Keislaman Remaja SMK
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini merupakan suatu inovasi modul adab bermedia sosial dalam pandangan keislaman . Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk modulĀ adab bermedia sosial dalam pandangan keislaman untuk remaja SMK; (2) mendeskripsikan kelayakan yang meliputi tingkat validitas, kepraktisan, kemenarikan, dan efektivitas produk modulĀ adab bermedia sosial dalam pandangan keislaman. Penelitian ini didasarkan pada metode research and development (R&D) model Borg & Gall meliputi lima tahap. Uji coba produk dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk terdiri atas validasi ahli, guru, dan uji coba lapangan skala kecil dilakukan kepada peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas angket, pedoman wawancara, dan lembar tes. Instrumen angket terdiri atas angket untuk uji ahli, yaitu uji ahli bahasa, ahli pembelajaran bahasa, guru agama Islam, dan kelompok kecil peserta didik. Secara keseluruhan aspek dapat dirinci sebagai berikut. Komponen isi memeroleh persentase 76,77% dengan status modul layak untuk diimplementasikan. Komponen sistematika penyajian memeroleh persentase 84,37% dengan status modul sangat layak untuk diimplementasikan. . Komponen ragam bahasa memeroleh persentase 76,5% dengan status modul layak untuk diimplementasikan. . Komponen tampilan memeroleh persentase 78,18% dengan status modul layak untuk diimplementasikan.