Pengabdian Masyarakat, Pengembangan Kompetensi dan Penanaman Nilai Pada Siswa

  • Rizka Rizqi Robby Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Pengabdian Masyarakat, Pengembangan Kompetensi, Penanaman Nilai

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan dengan tujuan supaya mahasiswa belajar dari pengalaman menjadi problem solver, maka program kerja yang dipilih untuk dilakukan direncanakan oleh mahasiswa sendiri. Pengalaman KKN dirasakan mampu mempunyai efek untuk meningkatkan kognisi sosial mahasiswa, dan pengalaman. KKN mengandung rangsangan yang dapat meningkatkan tahap perkembangan koordinasi perspektif sosial serta tahap penalaran moral  mahasiswa  sebagai dampak dari  kegiatan  KKN.  KKN  banyal berperan  dalam  upaya pendewasaan kognisi sosial mahasiswa, sebab dapat berfungsi sebagai perangsang berbagai tahap penalaran mahasiswa. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat pada masyarakat muslim Indonesia, dalam perjalanannya mampu menjaga dan mempertahankan keberlangsungan dirinya serta memiliki model pendidikan multi aspek, sejarah bangsa Indonesia mencatat  bahwa  pondok  pesantren  telah  memainkan  peranan  yang  besar  dalam  usaha memperkuat iman, meningkatkan ketakwaan, membina akhlaq mulia, mengembangkan swadaya masyarakat Indonesia ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan informal, non-formal dan formal. Tujuan kegiatan ini adalah: 1. Membentuk kepribadian dan memantapkan akhlaq seorang santri, 2.  Melestarikan ajaran islam ahlusunnah wal jamaah, 3. Membekali ilmu pengetahuan formal dan non formal, 4. Mengasah kemampuan yang di miliki oleh santri. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa seorang anak yang tinggal di pondok pesantren memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dari  anak yang tinggal di luar pesantren. Mereka mampu menambah pengetahuan, mengasah kemampuan dan membentengi diri dari pengaruh luar dengan memperdalam ilmu agama

Published
2024-07-20