Pengabdian Masyarakat, Pengembangan Kompetensi dan Penanaman Nilai Pada Siswa
Abstract
Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan dengan tujuan supaya mahasiswa belajar dari pengalaman menjadi problem solver, maka program kerja yang dipilih untuk dilakukan direncanakan oleh mahasiswa sendiri. Pengalaman KKN dirasakan mampu mempunyai efek untuk meningkatkan kognisi sosial mahasiswa, dan pengalaman. KKN mengandung rangsangan yang dapat meningkatkan tahap perkembangan koordinasi perspektif sosial serta tahap penalaran moral mahasiswa sebagai dampak dari kegiatan KKN. KKN banyal berperan dalam upaya pendewasaan kognisi sosial mahasiswa, sebab dapat berfungsi sebagai perangsang berbagai tahap penalaran mahasiswa. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat pada masyarakat muslim Indonesia, dalam perjalanannya mampu menjaga dan mempertahankan keberlangsungan dirinya serta memiliki model pendidikan multi aspek, sejarah bangsa Indonesia mencatat bahwa pondok pesantren telah memainkan peranan yang besar dalam usaha memperkuat iman, meningkatkan ketakwaan, membina akhlaq mulia, mengembangkan swadaya masyarakat Indonesia ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan informal, non-formal dan formal. Tujuan kegiatan ini adalah: 1. Membentuk kepribadian dan memantapkan akhlaq seorang santri, 2. Melestarikan ajaran islam ahlusunnah wal jamaah, 3. Membekali ilmu pengetahuan formal dan non formal, 4. Mengasah kemampuan yang di miliki oleh santri. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa seorang anak yang tinggal di pondok pesantren memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dari anak yang tinggal di luar pesantren. Mereka mampu menambah pengetahuan, mengasah kemampuan dan membentengi diri dari pengaruh luar dengan memperdalam ilmu agama