Habituasi Klub Literasi Sekolah di SMKN 1 Semen
Abstract
Kualitas sumber daya manusia menjadi kunci bagi Indonesia dalam mempersiapkan persaingan, khusunya siswa SMK yang siap bekerja. Hal tersebut menginisiasi sekolah kejuruan untuk mengambil bagian dalam kemajuan literasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan memaparkan habituasi Klub Literasi Sekolah (KLS) di SMKN 1 Semen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survei dengan menggunakan teknik deskriptif dan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Klub Literasi Sekolah (KLS) SMKN 1 Semen, Desa Titik, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model of analysis Miles dan Huberman. Aktualisasi KLS ini tercakup dalam tiga peminatan literasi meliputi: karya sastra, jurnalistik, dan drama. Adapun habituasi yang dilaksanakan oleh tim Klub Literasi Sekolah (KLS) SMKN 1 Semen yaitu pojok literasi, karya jurnalistik, menulis karya sastra, membaca dan merevieu buku, dan pemanfaatan website sekolah.