Pengembangan media pembelajaran fun thinkers book berbasis contextual teaching and learning pada materi keberagaman pekerjaan untuk meningkatkan berpikir kritis
Abstract
Media fun thinkers book berbasis contextual teaching and learning (CTL) ini dibuat sebagai alternative untuk proses pembelajaran pada mata pelajaran PKN. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi: analyze, design, development, implementation dan evaluation. Teknik yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dokumentasi. Validasi ahli media memperoleh presentase skor 90% dengan kategori “Valid”. Validasi ahli materi memperoleh presentase skor 95% dengan kategori “Valid”. Validasi ahli bahasa memperoleh presentase skor 85% dengan kategori “Valid”. Pengukuran kemenarikan dari media fun thinkers book dengan angket respon guru memperoleh presentase skor 100% dengan kategori “Sangat Menarik” dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Pengukuran kemenarikan dengan angket respon siswa memperoleh presentase skor 98% dengan kategori “Sangat Menarik”. Pengukuran tingkat berpikir kritis dilakukan menggunakan pre-test dan post-test dengan menggunkan media fun thinkers book memperoleh hasil 0,725 dengan kriteria “Tinggi”.