Pengembangan media boardgames berbasis pictorial riddle pada materi musim dan iklim untuk meningkatkan kecerdasan adversity siswa sekolah dasar

  • Andri Yoga Saputra Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Siti Rofi’ah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
Keywords: Boardgames;, pictorial riddle;, Kecerdasan adversity

Abstract

Pendidikan yang baik di imbangi dengan media pembelajaran yang sangat memadai. Kurangnya media pembelajaran yang ada dilapangan yang kurang memadai menjadi salah satu kendala yang ada dilapangan. Hal tersebut juga dirasakan di UPT SDN Tangkil 03. Atas permasalahan diatas peneliti mengembangan media pendidikan yang berjudul pengembangan media boardgames berbasis pictorial riddle media ini di aplikasikan dalam materi musim dan iklim. Melalui media ini diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan adversity siswa pada kelas 3 di SDN Tangkil 03 Blitar. Media ini dikembangakan dengan model pengembangan ADDIE. Dengan total subjek penelitian sebanyak 18 orang. Dalam pengembangan media boardgame berbasis teka-teki gambar, metode pengambilan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan penggunaan kuisoner. Validitas media tersebut juga divalidasi oleh seorang ahli media 94%, ahli materi 86% . Hasil uji ngain 0,93 yang memiliki kriteria yang sangat tinggi.. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan signifikan antara nilai post-angket dan nilai pre-angket. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media boardgame berbasis teka-teki gambar dapat meningkatkan pencapaian belajar dalam  materi IPA dan juga meningkatkan kecerdasan adversity siswa di UPT SDN Tangkil 03 kabupaten Blitar.

Published
2024-06-20