MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui memanajemen pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila melalui proses perencanaan, pelaksanaan, hinggan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validasi data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan manajemen pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila adalah melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan menganalisis kebutuhan yang ada dilapangan menyesuaikan tujuan pembelajaran profil pelajar pancasila. Pelaksanaan dilakukan dengan menerapkan apa yang sudah direncanakan sebelumnya dengan menciptakan kreativitas dan inovasi. Evaluasi dengan melihat kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
References
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–5.
Dakir, D., Mundiri, A., Yaqin, M. A., Niwati, N., & Subaida, S. (2022). The Model of teachers communication Based on multicultural values in rural early childhood education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3460-3472.
Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan gaya komunikasi guru terhadap tingkat keefektifan proses pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 71-78.
Dimas Assyakurrohim, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, M. W. A. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01, 1-9.
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran kolaboratif berbasis online. Inspiration. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–86.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Jiwandono, I. S. (2020). Permainan tradisional sebagai upaya meningkatkan karakter disiplin dan jujur mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 11-19.
Kumar, A., Krishnamurthi, R., Bhatia, S., Kaushik, K., Ahuja, N. J., Nayyar, A., & Masud, M. (2021). Blended learning tools and practices: A comprehensive analysis. Ieee Access, 9, 85151–85197.
Kuntarto, E., & Gustina, R. (2019). Pelaksanaan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 190-200.
Kurniasih, K., Darwis, M., & Rifai, A. A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Diskusi Pelajaran Produktif Di SMKS Arrahman Depok Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 86–9.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175.
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 291-299.
Maliki, P. L., & Erwinsyah, A. (2020). Evaluasi Manajemen Pembelajaran di Madrasah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 24-37.
Meyer, B. J., Stevenson, J., & Sonuga-Barke, E. J. (2020). Sex differences in the meaning of parent and teacher ratings of ADHD behaviors: an observational study. Journal of Attention Disorders, 24(13), 1847-1856.
Mubarok, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 15-31.
Newell, K. M. (2020). What are fundamental motor skills and what is fundamental about them. Journal of Motor Learning and Development, 8(2), 280-314.
Noviansah, A. (2020). Objek Dalam Assesment Penilaian (Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 114-127.
Nurjannah, S., & Nurhadi, A. (2020). Relevansi Tujuan dan Materi Dalam Program Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Guru PAI di Era Digital. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 96-107.
Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration of Learning Resources in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 56-67.
Perdana, S., & Rahman, A. (2019). Penerapan Manajemen Proyek dengan Metode CPM (Critical Path Method) pada Proyek Pembangunan SPBE. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 242–150. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i1.235
Qotrunnada, A., & Khasanah, N. (2021). Blended learning: solusi model pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1-14.
Rappe, R. (2020). Kemahiran Membaca Bahasa Arab Tingkat Mutaqaddimin Serta Metode Dan Strategi Pembelajarannya. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 8(2), 131-141.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). stu. 6(4).
Shofiyani, A., Aisa, A., & Sulaikho, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik di MI Al-Asyari’ah Jombang. Al-Lahjah, 5(2), 22-31.
Sitanggang, N. G., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R. V. (2020). Hubungan antara penetapan tujuan dengan motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Martapura. Jurnal Kognisia, 1(1), 17-22.
Suwarno, S., & Aeni, C. (2021). Pentingnya rubrik penilaian dalam pengukuran kejujuran peserta didik. Edukasi. Jurnal Pendidikan, 19(1), 161-173.
Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi pendidikan dan teknologi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 20–3.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: SebuahKajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718%0A
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57.
Winata, K. A. (2020). Model pembelajaran kolaboratif dan kreatif untuk menghadapi tuntutan era revolusi industri 4.0. SCAFFOLDING. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12–2.
Yantoro, Y. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Yang Efektif Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586-592.