STRATEGI BRANDING BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Strategi Branding berbasis kearifan lokal menjadi semakin relevan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan langkah-langkah strategis dalam mempromosikan MTs. Zainul Irsyad dan melestarikan kearifan lokal melalui ekstrakurikuler seni bela diri pencak silat Pagar Nusa. Demikian juga media sosial menjadi aplikasi praktis untuk menjembatani informasi program unggulan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan kepada masyarakat sebagai konsumen utama dalam menentukan lembaga pendidikan yang tepat untuk putra-putrinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah MTs Zainul Irsyad menghadirkan ekstrakurikuler seni bela diri pencak silat Pagar Nusa sebagai keunggulan dalam membentuk karakter peserta didik, mendorong partisipasi masyarakat melalui komite sekolah dalam kegiatan ekstra kurikuler berbasis kearifan lokal, promosi melalui Media Sosial dengan pemilihan platform komunikasi yang tepat, kolaborasi dengan Pihak Terkait dengan melibatkan pemerintah daerah, dan pelaku terkait lainnya agar program ini dapat berkelanjutan dan berdampak positif. Keberhasilan strategi branding berbasis kearifan lokal melalui ekstra kurikuler seni bela diri pencak silat Pagar Nusa dapat diukur dari peningkatan pengetahuan siswa tentang kearifan lokal, partisipasi aktif mereka dalam kegiatan seni bela diri pencak silat dibeberapa event, dan dampak signifikan Penerimaan Peserta Didik Baru pada tahun pelajaran berikutnya
References
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. IIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Azhar, H., Sadar, M., Van Fc, L. L., & Putra, P. P. (2022). Penerapan Metode Dokumentasi Untuk Monitoring Logbook dan Presensi Mahasiswa Kerja Praktek di Politeknik Negeri Bengkalis. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 7(2), 218-228.
Baharun, H., & Niswa, H. (2019). Syariah Branding; Komodifikasi Agama Dalam Bisnis Waralaba Di Era Revolusi Industri 4.0. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(1), 75–98.
Bernarto, I., Berlianto, M. P., Meilani, Y. F. C. P., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The influence of brand awareness, brand image, and brand trust on brand loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412-426.
Cole, A. W., Lennon, L., & Weber, N. L. (2021). Student perceptions of online active learning practices and online learning climate predict online course engagement. Interactive Learning Environments, 29(5), 866-880.
Daly-Smith, A., Quarmby, T., Archbold, V. S., Corrigan, N., Wilson, D., Resaland, G. K., ... & McKenna, J. (2020). Using a multi-stakeholder experience-based design process to co-develop the Creating Active Schools Framework. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 17, 1-12.
Eko, B. S., & Putranto, H. (2019). The role of intercultural competence and local wisdom in building intercultural and inter-religious tolerance. Journal of Intercultural Communication Research, 48(4), 341-369.
Eptiana, R., & Amir, A. (2021). Pola Perilaku Sosial Masyarakat Dalam Mempertahankan Budaya Lokal (Studi Kasus Pembuatan Rumah Di Desa Minanga Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa). Edulec: Education, Language And Culture Journal, 1(1), 20–27.
Farida, N., Dewi, P., & Destriani, E. (2023). Pengembangan Logo dan Citra UMKM Melalui Rebranding. JURNAL PENGABDIAN HASPI, 2(2), 103-108.
Hanifah, N., & Istikomah, I. (2022). Branding Sekolah Swasta Dalam Menghadapi Kebijakan Zonasi. Idaarah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 274-286.
Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179-198.
Mao, J. J., Pillai, G. G., Andrade, C. J., Ligibel, J. A., Basu, P., Cohen, L., ... & Salicrup, L. A. (2022). Integrative oncology: Addressing the global challenges of cancer prevention and treatment. CA: A Cancer Journal for Clinicians, 72(2), 144-164.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.
Mulyadi, A. I., & Zuhri, S. (2020). Analisis Strategi Brand Image Kedai Kopi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 109–124.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan motorik pada pendidikan jasmani meningkatkan pembelajaran gerak seumur hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199-218.
Nahdliyah, A., & Himmah, A. F. (2020). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs. Al-Maâ€TM arif Wuluhan Jember. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 2(2), 248-269.
Newell, K. M. (2020). What are fundamental motor skills and what is fundamental about them. Journal of Motor Learning and Development, 8(2), 280-314.
Nguyen, K. H., Glantz, S. A., Palmer, C. N., & Schmidt, L. A. (2020). Transferring racial/ethnic marketing strategies from tobacco to food corporations: Philip Morris and Kraft General Foods. American Journal of Public Health, 110(3), 329-336.
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. INERSIA Lnformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil Dan Arsitektur, 16(1), 92-104.
Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal Of Management Review, 4(3), 543-548.
Paz, T. R. U., Mosqueira, M. A. A., & Ugarte, M. G. M. (2021). Systematic review of strategies for developing social skills in education. Sinergias Educativas, 5(3), 48-64.
Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–79.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60.
Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 1-9.
Rummar, M. (2022). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580-1588.
Sunartiningsih, A., & Larasati, Z. W. (2020). Inisiatif dari Pesisir Utara Jawa: Merangkul Kearifan Lokal dan Kerjasama Antar Aktor Berkepentingan dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 28-39.
Suryani, Y., Sulistyaningtyas, T., Supriadi, A., Febriyanti, E. A., & Qurratu’Aini, Q. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Komunitas Perajin Sulam Tali di Kabupaten Ketapang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1689–1696.
Waswa, E. N., Mutinda, E. S., Mkala, E. M., Katumo, D. M., Oulo, M. A., Odago, W. O., ... & Hu, G. W. (2020). Understanding the Taxonomic Complexes and Species Delimitation within Sambucus L. (Viburnaceae). Diversity, 14(11), 906.
Webster, E. K., Martin, C. K., & Staiano, A. E. (2019). Fundamental motor skills, screen-time, and physical activity in preschoolers. Journal of Sport and Health Science, 8(2), 114-121.
Winata, K. A. (2020). Model pembelajaran kolaboratif dan kreatif untuk menghadapi tuntutan era revolusi industri 4.0. SCAFFOLDING. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12–2.