PENGARUH FASILITAS INTERNET BANKING, MOBILE BANKING, DAN ATM (ANJUNGAN TUNAI MANDIRI) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Pengaruh internet banking terhadap kepuasan nasabah Bank BRI KCP Wlingi, (2) Pengaruh mobile banking terhadap kepuasan nasabah Bank BRI KCP Wlingi, (3) Pengaruh ATM (Anjungan Tunai Mandiri) terhadap kepuasan nasabah Bank BRI KCP Wlingi, (4) Pengaruh internet banking, mobile banking, anjungan tunai mandiri terhadap kepuasan nasabah Bank BRI KCP Wlingi. Pendekatan yang dipakai peneliti merupakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan melalui mengumpulkan data berupa kuesioner yang diperoleh dari jawaban responden. Penelitian ini bertempat di Bank BRI KCP Wlingi dengan jumlah sampel 308. Dari analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS ver.16, penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) Internet Banking berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan nasabah. Dimana signifikasi 0,004 < 0,05 dan thitung (2,902) > ttabel (1,970). (2) Mobile Banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dimana signifikasi 0,000 < 0,05 dan thitung (6,488) > ttabel (1,970). Artinya H0 ditolak dan H2 diterima, (3) ATM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dimana signifikasi 0,000 < 0,05 dan thitung (7,157) > ttabel (1,970). Artinya H0 ditolak dan H3 diterima, (4) Internet Banking, Mobile Banking, ATM berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah. Dimana signifikasi 0,000 < 0,05 dan diperoleh Fhitung (187,222) > Ftabel (2,63). Sehingga H0 ditolak dan H4 diterima.