Studi Kelayakan Daya Dukung Jembatan Tanpa Bored Pile (Studi Kasus Rehap Jembatan Ngeni-Sp Ngadipuro Kabupaten Blitar)
Abstract
Jembatan sebagai penghubung dua jalan yang terpisah oleh sungai, danau, saluran irigasi dan sejenisnya memiliki struktur pondasi yang kuat dari bangunan diatasnya. Faktor aksesibilitas di wilayah Blitar Selatan sangat penting karena secara geografis berbukit, banyak bukit yang gundul sehingga sering terjadi banjir hal itu menjadi permasalahan yang serius dalam penelitian ini. Sebagai solusi mengatasi banjir diperlukan perencanaan proyek rehap jembatan Ngeni-Sp. Ngadipuro dengan menggunakan jenis pondasi dalam yaitu pondasi abuitment T terbalik tanpa bored pile. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pondasi jembatan tanpa Bored Pile dan menganalisa kelayakan pada jembatan Ngeni-Sp. Ngadipuro Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif evaluatif, dengan sumber data literasi kelayakan jembatan dan observasi pembangunan jembatan Ngeni-Sp. di Ngadipuro Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa jembatan Ngeni-Sp. Ngadipuro dengan menggunakan jenis pondasi dalam yaitu pondasi abuitment T terbalik tanpa bored pile. Studi kelayakan menunjukan bahwa jembatan Ngeni-Sp. Ngadipuro Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar layak dengan pertimbangan: kendaraan yang lewat sesuai kapasitas, tanah pendukung keras berbatu, bentang tidak lebar panjang 4 m dan lebar 5 m, debit air tidak besar dan kondisi medan sulit untuk membawa Bored Pile ke lokasi.