Perkembangan Kebutuhan Dasar Rencana Aksi Sub Topik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Air untuk Mengoptimalkan Akun Observasi Periode Bayi

  • Dewi Aisah Bunga Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Kegiatan sekolah; Sains; Masa dini

Abstract

Mengetahui kebutuhan dasar pengembangan rencana aksi pembelajaran berbasis sains subtema air dalam rangka optimalisasi keterampilan observasi anak usia dini. Metode penelitian adalah metode pengembangan, pendekatan metode campuran dengan model Desain pendidikan Teknik penelitian menyarankan Menurut McKenney dan Reeves. Artikel ini hanya menjelaskan teknik penelitian pendidikan Penelitian tahap pertama adalah tahap menemukan dan menganalisis masalah penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pendahuluan, yaitu penelitian lapangan dengan observasi sebelumnya dan penelitian kepustakaan. Tinjauan pustaka dilakukan dengan melihat jurnal dan temuan penelitian terdahulu yang berkaitan dengannya masalah dan buku berbasis sains untuk anak usia dini. Hal inilah yang ditunjukkan oleh hasil penelitian kebutuhan dasar yang berbeda untuk pengembangan rencana aksi untuk pembelajaran berorientasi sains mengoptimalkan keterampilan observasi untuk referensi atau referensi di kemudian hari rancangan produk penelitian dan pengembangan berupa rencana aksi pembelajaran.

Published
2023-09-15