Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Mengecap dengan Bahan Alam Kelompok A3 di TK Alam Al-Ghifari Kota Blitar

  • rizanatus solikah universitas nahdlatul ulama blitar
Keywords: kreativitas, mengecap, bahan alam

Abstract

Penelitian ini dilakukan tujuannya adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia 4- 5 tahun melalui kegiatan mengecap/mencetak di kelompok A3 TK Alam Al-Ghifari Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Hopskin. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A3 di TK Alam Al-Ghifari Kota Blitar, yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan kreativitas mengecap/mencetak pada anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi (checklist). Teknik analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa anak yang memiliki kreativitas tinggi adalah anak yang memenuhi keempat aspek kreativitas yaitu aspek fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), originality (keaslian), dan sensitivity (kepekaan) yang masuk pada tahap berkembang sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kreativitas melalui kegiatan mencetak ini adalah peneliti mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan mencetak, yaitu berupa alat cetak yang terbuat dari batang daun pepaya, daun, pelepah pisang, pare, bonggol sawi dan buah belimbing.
Peneliti mendemonstrasikan di hadapan anak-anak bagaimana cara menggunakan masing-masing alat cetak, dan alat apa saja yang digunakan, peneliti juga mengajak anakanak untuk melihat video pembelajaran mengecap dengan bahan alam supaya anak-anak mendapatkan inspirasi dan dapat menghasilkan karya yang diinginkan. Dan dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat meningkat melalui kegiatan mengecap dengan bahan alam yaitu, batang daun pepaya, daun, pelepah pisang, pare, bonggol sawi dan buah belimbing di kelompok A3 di TK Alam Al-Ghifari Kota Blitar
Hasil observasi yang telah dilakukan Peningkatan pun terjadi pada setiap pertemuan dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada penelitian pra tindakan kreativitas anak yang dicapai adalah sebesar 26,6%. Pada siklus I pertemuan pertama persentasenya 40%, pertemuan ke dua 40% dan pada pertemuan ketiga 46,6% dan pada siklus II meningkat sehingga mencapai 53,3% pada pertemuan pertama, 66,6% pertemuan kedua dan pada siklus II pertemuan ketiga mengalami peningkatan mencapai 93% sangat sesuai target indikator yang diinginkan yaitu sebanyak 75-100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kriteria kreativitas anak kelompok A3 TK Alam Al-Ghifari Kota Blitar berkembang sangat baik.

Published
2023-09-15