Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Program Java’s Day Setiap Hari Rabu di TK Dharma Wanita Sendanghaji Merakurak

  • salma nu amalina IAINU TUBAN
  • Diani Lestari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Novita Putri Rahayu Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Dwi Aminatus Sa’adah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Nurlaili Dina Hafni Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
Keywords: Pendidikan Karakter; Kearifan Lokal; Budaya Jawa; Anak Usia Dini; Java’s Day

Abstract

Pendidikan karakter yang berlandaskan kearifan lokal memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berbudaya, beretika, dan memiliki jati diri yang kuat. Penelitian ini membahas penerapan pendidikan karakter melalui program Java’s Day di TK Dharma Wanita Sendanghaji Merakurak. Program ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya Jawa kepada anak usia dini melalui berbagai aktivitas, seperti penggunaan bahasa Jawa, mengenakan pakaian adat, mengenalkan seni dan permainan tradisional, serta membiasakan sikap sopan santun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan melibatkan kepala sekolah, guru, peserta didik, serta orang tua sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Java’s Day berkontribusi positif dalam membangun karakter anak, terutama dalam keterampilan berbahasa Jawa, pemahaman budaya lokal, serta penerapan sikap sopan santun dan kebersamaan. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam program ini turut memperkuat pembelajaran budaya di rumah. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dapat menjadi strategi efektif dalam menghadapi globalisasi tanpa kehilangan identitas budaya.

Published
2025-05-27