Peran PAI untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Spiritual melalui Psikologi AUD

  • Khairunnisa Ulfadhilah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Ilman Nafi’a Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Hajam Hajam Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Islamic Religious Education, Spiritual Values, Psychological Perspective, Early Childhood

Abstract

Pendidikan agama Islam yakni menumbuhkan nilai-nilai spiritual pada anak usia dini, terutama jika dilihat dari perspektif psikologi anak. Proses pendidikan sejak dini merupakan fase krusial dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Dalam konteks ini, pengajaran nilai-nilai agama Islam di PAUD Darussalam dapat memberikan landasan moral yang kuat bagi anak, membantu mereka memahami konsep kebaikan, kejujuran, dan tanggung jawab. Metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, seperti cerita-cerita teladan dari Nabi dan kisah-kisah inspiratif, anak-anak dapat lebih mudah mencerna ajaran agama tersebut. Selain itu, pendidikan agama juga berfungsi sebagai sarana untuk membangun rasa kepercayaan diri dan rasa memiliki, yang merupakan komponen penting dalam perkembangan psikologis anak. Dengan pengajaran yang tepat, anak-anak diajarkan untuk melihat dunia dari sudut pandang yang lebih positif dan penuh toleransi. Hal ini berkontribusi dalam pembentukan kepribadian yang seimbang, serta kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup dengan sikap yang optimis.

Published
2025-09-25