https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/bocil/issue/feedJournal of Childhood Education, Development and Parenting2025-10-07T02:52:00+00:00Dessy Farantikafarantika.dessy@gmail.comOpen Journal Systems<p>Journal<strong> of Childhood Education, Development and Parenting</strong> adalah kajian dan analisis penelitian yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini meliputi; perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan seni dan kreatif, pengasuhan anak, lembaga pengelola PAUD, asesmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran , Permainan alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. <strong>Journal of Childhood Education, Development and Parenting</strong> terbit satu tahun tiga kali, yaitu Januari, Mei dan September. Diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia.</p>https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/bocil/article/view/2233Peran PAI untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Spiritual melalui Psikologi AUD2025-10-07T02:52:00+00:00Khairunnisa Ulfadhilahkhairunnisaulfadhilah51045@gmail.comSiti Aisyahkhairunnisaulfadhilah51045@gmail.comIlman Nafi’akhairunnisaulfadhilah51045@gmail.comHajam HajamHajam@uinssc.ac.id<p>Pendidikan agama Islam yakni menumbuhkan nilai-nilai spiritual pada anak usia dini, terutama jika dilihat dari perspektif psikologi anak. Proses pendidikan sejak dini merupakan fase krusial dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Dalam konteks ini, pengajaran nilai-nilai agama Islam di PAUD Darussalam dapat memberikan landasan moral yang kuat bagi anak, membantu mereka memahami konsep kebaikan, kejujuran, dan tanggung jawab. Metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, seperti cerita-cerita teladan dari Nabi dan kisah-kisah inspiratif, anak-anak dapat lebih mudah mencerna ajaran agama tersebut. Selain itu, pendidikan agama juga berfungsi sebagai sarana untuk membangun rasa kepercayaan diri dan rasa memiliki, yang merupakan komponen penting dalam perkembangan psikologis anak. Dengan pengajaran yang tepat, anak-anak diajarkan untuk melihat dunia dari sudut pandang yang lebih positif dan penuh toleransi. Hal ini berkontribusi dalam pembentukan kepribadian yang seimbang, serta kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup dengan sikap yang optimis.</p>2025-09-25T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##