Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Narasi melalui Pembelajaran Kontekstual Di Kelas 2 D MIN 11 Blitar Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Nasikhatun Nafi’ah MIN 11 Blitar Kecamatan Kademangan Kab Blitar, Indonesia

Abstract

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa di Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, ada masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis narasi Kelas 2 D MIN 11 Blitar Semester 2. Beberapa masalah tersebut adalah sebagai berikut: (1) metode pembelajaran masih konvensional, guru lebih aktif sementara siswa cenderung pasif; (2) pembelajaran menjadi kurang menarik dan menyenangkan karena metode yang digunakan guru tidak sesuai dengan minat siswa; dan (3) guru tidak membuat kurikulum yang sesuai dengan minat siswa.             Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode penelitian yang terikat pada siklus. Setiap siklus dalam studi ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Studi ini dilakukan dengan metode deskriptif. Jenis pengumpulan data yang digunakan termasuk wawancara, observasi, dan tes, yang dikenal sebagai analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa, yaitu pada aspek penggunaan ejaan diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa dari 44 siswa yang diperoleh 69,19%, pada siklus I naik menjadi 73,51%, dan pada siklus II naik menjadi 81,90%. Sehingga kenaikan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus ke II pada aspek penggunaan ejaan adalah sebesar 12,71%. Pada aspek isi hasil yang dicerita yag meliputi ide atau gagasan, keruntutan cerita, dan kemenarikan cerita diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa 72,97%, pada siklus I naik menjadi 76,22%, dan pada siklus II naik menjadi 81,08%. Sehingga kenaikan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus ke II pada aspek isi adalah sebesar 8,11%. Pada aspek keterpaduan cerita antar paragraf terkait dengan jalan cerita (alur) hasil yang diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa 56,76%, pada siklus I naik menjadi 81,25%, dan pada siklus II naik Drastis menjadi 91,90%. Sehingga kenaikan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus ke II pada aspek keterpaduan jalan cerita antar paragraf adalah sebesar 35,14%.MIN 11 Blitar Semester 2 Kecamatan Kademangan.Studi ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa Kelas 2 D dapat ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual di kelas Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa.

Published
2023-08-26