Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SDN 3 Jepun Kabupaten Tulungagung
Abstract
Efektivitas pelaksanaaan kinerja profesional guru sangat bergantung pada kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan tanggung jawabnya, termasuk memberikan supervisi akademik. Untuk melaksanakan supervisi akademik, kepala sekolah sebagai supervisor dan penanggungjawab kegiatan di sekolah harus mampu menyusun program, melaksanakan, dan melakukan tindak lanjut supervisi akademik di sekolah yang dipimpinnya. Kompetensi guru dalam memfasilitasi pembelajaran yang baik juga akan dihasilkan dari pelaksanaan supervisi akademik yang efektif oleh kepala sekolah. Selain itu, prestasi siswa akan meningkat karena pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik. Akibatnya, keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh keahlian supervisi akademik kepala sekolah dan kemampuan guru memfasilitasi pembelajaran. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN 3 Jepun Kabupaten Tulungagung diuji sebagai bagian dari Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilakukan selama dua siklus karena menurut penelitian dan analisis data, 75% lebih banyak guru menggunakan pendekatan supervisi kolaboratif pada siklus kedua, memenuhi yang telah ditentukan. indikator. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa guru dapat mengambil manfaat dari menggunakan Pendekatan Supervisi Kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka.