https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/issue/feed Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan 2025-09-22T08:29:10+00:00 Ahmad Saifudin ahmadsaifudin@unublitar.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan</strong> adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jurnal ini terbit dalam versi cetak dan versi elektronkik (<em>online</em>) yang terbit 4 (empat) kali dalam setahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan November.&nbsp;Jurnal ini menerima artikel ilmiah yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Baik pendidikan formal, informal, dan non formal. Adapun ruang lingkup jurnal ini adalah seluruh rumpun disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran yang diperuntukkan bagi para akademisi, praktisi, dan <em>stake holder </em>pendidikan yang ingin mempublikasikan dan mengembangkan hasil penelitian dan pemikirannya untuk pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan.</p> https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/2186 ANALISIS KERUSAKAN LAHAN PASCA ERUPSI GUNUNG MARAPI DI KABUPATEN AGAM KECAMATAN SUNGAI PUA KABUPATEN AGAM 2025-09-22T08:29:10+00:00 Virgian Sonia Putra virgiansoniaputra42552@gmail.com Rozana Eka Putril rozanawirman@gmail.com Ade Irma Suryani adeirmasuryani@uprisba.ac.id <table> <tbody> <tr> <td width="506"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerusakan lahan, dampak terhadap bangunan, dan strategi masyarakat dalam menghadapi perubahan penggunaan lahan pasca erupsi Gunung Marapi di Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam. Gunung Marapi merupakan salah satu gunung api aktif di Sumatera Barat yang mengalami erupsi besar sejak Desember 2023 dan berdampak pada lahan pertanian serta permukiman warga. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method, yaitu gabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Lokasi penelitian meliputi lima nagari terdampak: Limo Suku, Kepalo Koto, Limo Kampuang, Galuang, dan Tangah Koto. Sampel tanah diambil masing-masing satu titik per nagari menggunakan ring sampel untuk uji tekstur, struktur, dan permeabilitas di laboratorium. Data kuantitatif dianalisis dengan perhitungan persentase, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles &amp; Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kerusakan tanah dilihat dari struktur, tekstur, dan permeabilitas sehingga mengganggu produktivitas lahan (2) Kerusakan bangunan digolongkan dalam berbagai tingkat dan mulai dari ringan 0-20%, ringan 21-50%, berat 51-80% dihitung menggunakan rumus tingkat kerusakan bangunan, dengan kerusakan terbanyak terjadi di daerah paling dekat dengan pusat erupsi. (3) Pemulihan lahan, penataan ulang lahan, dan penguatan kapasitas masyarakat.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-08-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/2188 DEVELOPING POP – UP BOOK MEDIA IN TEACHING AND LEARNING DESCRIPTIVE TEXT TO IMPROVE WRITING SKILL 2025-09-22T08:28:00+00:00 Maratus Susani Susani susanimaratus@gmail.com Istina Atul Makrifah istinaatulmakrifah@gmail.com Siti Rofiah sitirofiah@unublitar.ac.id <p>This research was carried out based on process and the results of observation at SMP Nabawi Maftahul Uluum. This research was aimed to Developing Pop – Up Book Media in Teaching and Learning Descriptive Text to Improve Writing Skill in 7th Grade of SMP Nabawi Maftahul Uluum. Researcher used method used is ADDIE method where researcher conducted five steps. The steps include analysis, design, development, implementation, evaluation. . This research was conducted at SMP Nabawi Maftahul Ulum with the research subject in 7th grade. This pop-book media is composed of materials, functions, characteristics, and examples. Equipped with Pop-Up Image as practice material for writing descriptive text. Data collection techniques were carried out using interviews and surveys. The instruments used are interview guidelines and questionnaires using a Likert scale. Based on the results of the validation carried out by material expert and media expert, linguists then the results of teacher and student responses, the percentage of results obtained were 91.8%, 92.2%, 94.14%, 96.45 and 90.8% with a total score of 93% where the value reaches the criteria of "Very Good or Very Valid or Very Usable". So it can be concluded that the Pop-Up Book learning media is very well used in the English learning process.Learning Media</p> 2025-08-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/2190 Penerapan Metode Pembelajaran Berdiferensiasi dapat Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Fae E di SMA Negeri 1 Lembah Melintang 2025-09-22T08:26:29+00:00 Nur Falah nurfalah0214@gmail.com Ade Irma Suryani, M.Pd adeirmasuryani@uprisba.ac.id Trina Febriani, M.Pd trinafebriani20@gmail.com <p>Penelitian ini di latar belakangi oleh ditemui masalah dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) kebanyakan peserta didik kurang antuasis dalam mengikuti proses belajar mengajar geografi yang sedang berlangsung, terutama jika guru hanya menggunakan metode konvensional seperti metode ceramah ketika membawakan suatu materi dan berdiskusi secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi fase e di SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Penelitian menggunakan metode desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta didik fase E di SMA Negeri 1 Lembah Melintang yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025 terdiri atas 10 fase dengan jumlah 360 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pada fase E 9 dan fase E 10. Data dikumpulkan menggunakan tes, kuisioner/angket dan dokumentasi dan dianalisis melalui uji T. Temuan mengungkapkan bahwa penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi fase E di SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Studi ini menyimpulkan bahwa terdapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada fase E di SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Berdasarkan rata-rata nilai skor presentase responden yang di peroleh dari variabel minat belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata nilai skor presentase dari kelas kontrol sehingga capaian responden kelas eksperimen &nbsp;termasuk dalam kategori baik dan kelas kontrol termasuk dalam kategori cukup baik.</p> 2025-08-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/2191 DEVELOPMENT OF SNAKES AND LADDERS MEDIA TO TEACH WRITING SKILL ON DESCRIPTIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL 2025-09-22T08:25:46+00:00 Malinda Puji Saputri malindapuji98@gmail.com Siti Rofi'ah sitirofiah.unublitar@gmail.com Widiarini Widi widiarini@unublitar.ac.id Ahmad Saifudin saif.ahmad123coretandinding@gmail.com <p>This study aims to develop Snakes and ladders game media to teach writing skills in grade VII students of MTs Syekh Subakir 2. Based on the need analysis with an English teacher, it was stated that during the pandemic students had difficulty understanding English material. The results of the questionnaire 10 students also stated that learning English was difficult, especially writing. This study and development proposed the (Borg, W. R. and Gall, 1989). Data was collected using interviews and questionnaire The process of developing Snakes and ladders learning media is carried out in 8 stages, namely: (1) Potential and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validation, (5) Design revision, ( 6) Product testing, (7) Usage trial (8) product revision. The result of Snakes and ladders media validated by material experts obtained material experts 86.67% and from obtained media experts 90% which means that it is valid and feasible for use as learning. Furthermore, this can be proven by the analysis of student satisfaction questionnaires which are used as a reference for the feasibility of learning products. The results of the data showed 100%, which stated that students were greatly helped and became more active writing with the Snakes and ladders learning media. In conclusion, Snakes and ladders media that was developed can use to teach writing in MTs Syekh Subakir 2.</p> 2025-08-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/2192 Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini 2025-09-22T08:24:58+00:00 Nurlaila Laila lailaaailaa020608@gmail.com Ragil Tri Oktaviani ragil.trioktaviani91@gmail.com <p>penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dampak penggunaan aplikasi tik tok terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Aplikasi tik tok adalah aplikasi yang banyak di gandrungi oleh beberapa kalangan termasuk anak anak. Seiring dengan perkembangan zaman teknologi semakin canggih dan mudah di akses oleh siapapun. Hal ini memunculkan beberapa dampak positif dan negative untuk anak anak. Secara positif aplikasi ini dapat,meningkatkan, kreativitas, keterampilan, kepercayaan diri dan ekspresi dari anak anak, namun ada juga dampak negatif seperti anak lebih suka bermain hp dari pada bermain dengan teman sebaya,penggunaan yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat mengakibatkan gangguan tidur pada anak Karena anak keasikan main hp,peningkatan kecemasandan penurunan kerja akademik, membuat anak kecanduan. penggunaan aplikasi tik tok pada anak memiliki potensi baik dan buruk terhadap perkembangan sosial dan emosional mereka, dalam hal ini di butuhkan peran dan penggawasan orang tua dan pendidik dalam mengawasi dan membimbing anak anak dalam penggunaan aplikasi ini dengan baik.</p> 2025-08-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##