Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Concept Mapping dengan Audiovisual pada Siswa Kelas II SDN Ranuagung II Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
IPS berfokus pada kehidupan sehari-hari manusia dan dunia. Keluarga, topik dasar IPS, dapat dipelajari dengan melibatkan siswa, membuat pembelajaran menarik bagi siswa. Pembelajaran IPS kurang berkualitas, menurut hasil observasi dan refleksi. Studi tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus dan empat tahap pertemuan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Ini ditunjukkan oleh kurangnya minat dan aktivitas siswa, pembelajaran berpusat pada guru, dan hanya 43,2% ketuntasan hasil belajar klasik. Lokasi SDN Ranuagung II adalah di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Tema: Peneliti bertindak sebagai guru dan 44 siswa di kelas II mengumpulkan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk memproses data. Untuk guru: Hasil menunjukkan bahwa metode ini dapat digunakan sebagai contoh untuk menerapkan pembelajaran IPS di kelas II di SDN Ranuagung II Kecamatan Tir. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan guru pada siklus I mendapatkan skor yang baik sebesar 26 (65%), 30 (75%), dan 35 (87,5%), dan aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata sebesar 23,4 (58,5%).