Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Penyebab Terjadinya Pemanasan Global Melalui Metode Diskusi Model Brainstorming pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Nglegok Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Eko Wardoyo SMP Negeri 1 Nglegok, Indonesia

Abstract

Beberapa faktor yang berkontribusi pada penurunan hasil belajar siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Nglegok adalah sebagai berikut: (1) Siswa kurang tertarik dengan materi pelajaran IPA; (2) Metode yang digunakan belum sepenuhnya membuat siswa aktif dan kreatif; (3) Suasana kelas sering menjemukan; dan (4) Siswa menghadapi kesulitan dengan materi yang berbeda yang disajikan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global  pada siswa kela VII A SMP Negeri 1 Nglegok, Kabupaten Blitar  Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui metode diskusi model brainstorming; dan Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global  pada siswa kela VIIA SMP Negeri 1 Nglegok, Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah adanya pembelajaran dengan metode diskusi model brainstorming. Berdasarkan hasil penelitian didapat simpulan Kemampuan mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global  pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Nglegok, Kabupaten Blitar .Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui metode diskusi model brainstorming. Peningkatan kemampuan mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global  pada siswa kela VIIA SMP Negeri 1 Nglegok, Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah adanya pembelajaran dengan metode diskusi model brainstorming adalah sebagai berikut: (1) Jumlah siswa kelas  VII A SMP Negeri 1 Nglegok, Kabupaten Blitar tahun pelajaran  2020/2021 yang mampu mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global dapat meningkat hingga 95%; dan (2) Kenaikan persentase secara umum dari sebelum tindakan sebanyak 55%, siklus I 75% dan siklus II 95%.

Published
2023-10-31