Peningkatan Prestasi Belajar Menerapkan Fungsi Peripheral dan Instalasi Pc Materi Mengidentifikasi Macam-Macam Peripheral dan Fungsinya melalui Metode Information Search pada Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Suruh
Abstract
Nilai yang diperoleh digunakan untuk menentukan jenis periferal dan fungsinya. Ini adalah topik yang pernah diuji di SMK Negeri 1. Hasil menunjukkan ketuntasan belajar siswa 31,43%, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk tingkat kesulitan belajar siswa dan lingkungan belajar yang tidak mendukung. Pembelajaran informasi diterapkan. Beberapa sumber informasi termasuk buku paket, majalah, dan koran. Teknik pencarian informasi mirip dengan ujian buku terbuka, di mana guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka menemukan lebih banyak informasi. Dalam penelitian ini, 35 siswa dari Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Suruh di Kabupaten Trenggalek terlibat, yang berada di Semester 2 Akademik 2014/2015. Siswa kesulitan menemukan cara menerapkan fitur periferal, menginstal sumber daya komputer, dan menemukan jenis periferal dan fungsinya. Ini ditunjukkan oleh fakta bahwa nilai rata-rata siswa masih jauh di bawah KKM. Berdasarkan percakapan di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian dua siklus dapat memberikan gambaran yang tidak bias tentang peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan fitur periferal, menginstal bahan di komputer, dan menemukan jenis periferal dan fungsinya melalui teknik pencarian informasi, serta selalu melibatkan siswa untuk menunjukkan materi yang diajarkan. Dengan demikian, prestasi belajar siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Suruh Kabupaten Trenggalek pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan. Sementara nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 77,71, jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 24 menjadi 35 pada siklus II. Tingkat ketuntasan pada siklus I adalah 68,57%, tetapi naik menjadi 100% pada siklus II dengan peningkatan 31,43%.