Penerapan Metode Cooperative Script Method dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi tentang Kegiatan ekspor dan impor Pada Siswa Kelas IX-E Semester 1 SMP Negeri 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Hasil siswa ekonomi Kelas IX-E tidak memuaskan. Dari 36 siswa, hanya 13 yang berhasil mencapai KKM lebih dari 75, dan 23 siswa lainnya masih belum mencapai KKM kurang dari 69. Ini terjadi karena guru tidak menekankan ekspor dan impor dengan jelas; guru meninggalkan kelas setelah menyelesaikan tugas; guru tidak menggunakan strategi atau pendekatan yang dapat membantu siswa menjadi kreatif; dan siswa terus bermain sendiri di kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang kegiatan ekspor dan impor, pembelajaran kooperatif dengan metode script harus diperbaiki. Ini juga harus dilakukan agar tujuan pendidikan tercapai. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini. Studi ini melibatkan siswa dari Kelas IX hingga E. Peneliti bertindak sebagai guru di kelas, mitra peneliti, dan pengamat ekspor dan impor. Hasil menunjukkan bahwa metode skrip kolaboratif memiliki standar keberhasilan yang tinggi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekspor dan impor di Kelas IX-E SMP Negeri 4 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai post-test siswa telah meningkat di setiap siklus. Nilai mereka bahkan melampaui KKM, mencapai 72,2% pada siklus I dan 88,9% pada siklus II. Akibatnya, siswa Kelas IX-E SMP memiliki hasil belajar yang positif.