Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Manusia dengan Menggunakan Puzzle pada Siswa Kelas V SDN Bremi II Kabupaten Probolinggo
Abstract
Hasil pengamatan yang telah dilakukan diketahui jika prestasi siswa Kelas V SDN Bremi II Kabupaten Probolinggo masih rendah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru yakni dengan mengembangkan metode pembelajaran. Salah satu yang diterapkan yakni dengan menggunakan puzzle pada mata pelajaran IPA dengan materi alat pencernaan manusia. Penelitian mneggunnakan penelitian tindakan denagn 3 siklus. Setiap siklus dilakukan dengan 4 tahapan seperti perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan jika penggunaan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi alat pencernaan pada manusia terhadap Siswa Kelas V SDN Bremi II Kabupaten Probolinggo. sebelum tindaan siswa yang tuntas hanya 25%, siklus I siswa tuntas sebanyak 46,43% dan pada siklus II siswa tuntas naik menjadi 71,43 sedangkan pada siklus III siswa yang tuntas naik menjadi 92,86%.