Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Melalui Model Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VI Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek

  • Mutiyah Mutiyah SD Negeri 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Team Game Tournament (TGT)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang selalu ditakuti siswa karena dianggap sulit. Hasil belajar matematikapun selalu lebih rendah dibanding mata pelajaran lainnya. Sebagai upaya untuk memperbaiki hasil belajar matematika, guru melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif model Team Game Tournament (TGT) pada materi keliling dan luas lingkaran. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 di SDN 3 Gandusari  Kecamatan Gandusari  yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran yang objektif tentang peningkatan hasil belajar Matematika materi Keliling  dan Luas Lingkaran melalui model Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VI semester 2  tahun pelajaran  2018/2019 di SD Negeri 3 Gandusari  Kecamatan Gandusari  Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VI semester 2  tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 3 Gandusari Kecamatan Gandusari  Kabupaten Trenggalek. Peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata dan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II.  Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72.67, sedangkan  pada siklus II sebesar 78.67. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 6.00. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 73.33% sedangkan ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 93.34%, hal ini berarti terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 20.01%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VI semester 2  tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 3 Gandusari Kecamatan Gandusari  Kabupaten Trenggalek.

Published
2022-09-30