REALITAS PERILAKU BERBAHASA KOMUNITAS MAHASISWA ERA DISRUPSI

  • Yulia Tutik Nurfia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Suyanti Suyanti Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo
Keywords: realitas, kesantunan, mahasiswa, disrupsi

Abstract

Kajian bersifat kualitatif-deskriptif ini menerapkan teori-teori analitik-didaktik. Teknik observasi deskriptif sebagai upaya pemahaman dan interpretasi konten, dan pengumpulan data menggunakan analisis tekstual data kebahasaan (perilaku berbahasa) sebagai dokumenter. Mahasiswa era disrupsi dalam ekosistem multi-perubahan global perilaku-perilaku keterbahasaan, terjadi perombakan signifikan melonjak dari nuansa verbal ke digital. Lahir manusia mahasiswa tergenerasi multi-digital yang bukan sekedar menanyakan terkait visi, misi, multi-arah tujuan akan tetapi sudah pada multi-kepentingan baik bersifat multi-kebutuhan pribadi ataupun untuk orang lain. Perilaku tersebut sejalan dengan berkembangnya kejiwaan yang berpengaruh pada keterampilan berbahasa yang tergunakan. Multi-kedewasaan sebagai aplikatif komunikasi menjadi tolok ukur aspek verbal pada inisiasi digital yang digunakan. Linguis semakin tertantang menentukan tolok ukur dan arah formulasi prinsip/kaidah-kaidah berbahasa sebagai alat strategi komuikasi. Multi-falsafah bagaimana mahasiswa itu terfahamkan tentang bagaimana dirinya harus bertingkah serta berperilaku dalam multi-masyarakat menjadi jurus jitu penentu pola kesantunan berbahasa. Material ini menjadi objek atau bahkan multi-subjek riset linguistik. Hasilnya bahwa pendidik, dosen dituntut mampu memberikan multi-formula yang mampu memberikan jawaban sekaligus tantangan keterampilan berbahasa yang terbutuhkan dengan ancangan yang tepat.

References

Abdulsalam, Aris. 2021 Kenapa Orang Indonesia lebih Bangga Berbahasa Asing. (https://www.google.com/amp/s/kenapa-orang-indonesia-lebih-bangga-berbahasa-asing). Diakses 2021.
Aisyah, N. H. (2021). Mahasiswa Cerdas Tangkal Berita Hoaks di Era Disrupsi melalui Literasi Digital. ALSYS, 1(1), 67-82.
Amri, Y. K., & Putri, D. M. PSIKOLINGUISTIK: Pengaruh Budaya pada Perilaku Berbahasa. umsu press.
ANWAR, S. N. P. C. (2020). HUMANIORA DAN ERA DISRUPSI. Universitas, 5, 6.
Asrumi, A. (2020). TANTANGAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI PADA ERA DISRUPSI DALAM MENDUKUNG INDONESIA 4.0. UNEJ e-Proceeding, 569-581.
Aswadi, D. (2019). Pengaruh gawai terhadap wicara anak di era disrupsi (Kajian psikolinguistik). STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 165-174.
Azizah, A. R. A. (2019). Penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa gaul di kalangan remaja. Jurnal Skripta, 5(2).
Azizah, A. R. A. (2019). Penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa gaul di kalangan remaja. Jurnal Skripta, 5(2).
Darwanto, D., & Sari, N. (2020). Pengintegrasian Soft Skills pada Setiap Pembelajaran:(Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0/Era Disrupsi). Eksponen, 10(2), 42-49.
Daud, R. F. (2021). Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 252-269.
Emawati, E. (2020, July). DISRUPSI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA PADA ERA DIGITAL. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa Indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48.
Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa Indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48.
Fitriana, S. (2019). Transformasi pendidikan tinggi di era disrupsi (dampak dan konsekuensi inovasi). In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 812-818).
Handayani, S. A. (2020). Humaniora dan era disrupsi teknologi dalam konteks historis. UNEJ e-Proceeding, 19-30.
Ibda, H. (2019). Pembelajaran bahasa indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), 48-64.
Irhamdhika, G. (2022). Mitigasi Hoax Di Era Disrupsi Melalui Literasi Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1).
Iswatiningsih, D., & Pangesti, F. (2021). Ekspresi remaja milenial melalui penggunaan bahasa gaul di media sosial. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 476-489.
Malatuny, Y. G., Labobar, J., & Labobar, B. (2020). Literasi media: Preferensi warga negara muda di era disrupsi. Journal of Moral and Civic Education, 4(1), 42-51.
Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital Bagi Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87-92.
Prasasti, R. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114-119.
Rahmad, R. (2021). Dinamika Komunikasi Pendidikan pada Era Disrupsi. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 64-73.
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22.
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22.
Sardiyah, N. (2020). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa indonesia mahasiswa UNS.
Sari, B. P. (2015). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (Vol. 10, No. 24, pp. 171-176).
Sidharta, J. (2023). MANFAAT MEDIA SOSIAL PADA DUNIA PENDIDIKAN GENERASI MILLENNIAL DI ERA DISRUPSI. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(1), 101-109.
Sidharta, J. (2023). MANFAAT MEDIA SOSIAL PADA DUNIA PENDIDIKAN GENERASI MILLENNIAL DI ERA DISRUPSI. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(1), 101-109.
Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi digital sebagai upaya menangkal hoaks di era disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(1), 121-140.
Ulfa, M. (2019). Eksistensi bahasa daerah di era disrupsi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(2), 197-207.
Wibisono, Bambang. 2020. Perilaku Berbahasa Kaum Milenial (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/19968). Diakses 2021
Published
2023-04-02
Section
Educational Sciences