Pengaruh System Fullday School Pada Kemandirian Anak PAUD Baitun Na’im Blitar

  • Wiwik Suatin Universitas Nahdlatul Ulama' Blitar
  • Eka Purwanti Universitas Negeri Malang
Keywords: Pengaruh Fullday School Kemandirian Anak

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui Pengaruh System Fullday School Pada Kemandirian Anak PAUD Baitun Na’im Blitar. Tempat riset ini di PAUD Baitun Na’ im Ngadri Kabupaten Blitar. Subjek dalam penelitian t ini seluruh siswa- siswi PAUD Baitun Na’im Blitar Islamic School yang berjumlah 50 siswa yang dibagi ke dalam 2 kelompok, ialah kelompok reguler serta full day. Kelompok reguler terdapat 23 orang siswa, sebaliknya pada kelompok full day dengan 27 orang siswa. Rentang umur pada kedua kelompok merupakan siswa usia 4-6 tahun. PAUD Reguler berlangsung mulai jam 07. 00- 10. 30 wib, sebaliknya PAUD dengan sistem full day berlangsung lebih lama jam 07. 00- 15. 30 wib. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan informasi dalam penelitian ini memakai skala Likert yang ialah prosedur sederhana serta langsung mampu mengukur tingkatan kemandirian anak, ialah terdiri dari aitem favourable serta aitem unfavourable. Hasil riset siswa yang terdapat di PAUD Baitun Na’im Islamic School baik di kelompok fullday serta reguler, lebih banyak siswanya yang mempunyai tingkatan kemandirian pada taraf sedang ialah sebesar 46% dari total totalitas siswa, siswa dengan tingkatan kemandirian yang besar sebanyak 38%, sedangkan 16% siswa mempunyai tingkatan kemandirian yang rendah. Deskripsi hasil menampilkan data tidak terdapat pengaruh dan perbandingan tingkatan kemandirian anak umur dini yang mencontohi program PAUD fullday serta reguler.

Published
2023-04-02
Section
Islamic Economics and Psychology