Internalisasi Nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah: Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Hukum Administrasi Negara
Abstract
Tujuan dari 1penelitian ini adalah sebagai solusi untuk mengembangkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan novelty yang ditetapkan perguruan tinggi. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) perlu dikembangkan melalui analisis standar kompetensi yang ingin dicapai, metode pengajaran, dan evaluasi pembelajarannya dengan menginternalisasikan nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, Borg dan Gall, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis konsep dan komparasi untuk memecahkan masalah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan ADDIE dari Branch. Perencanaan dalam proses Internalisasi Nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah: Pengembangan RPS Mata Kuliah Hukum Administrasi Negara dilakukan dengan menginternalisasi nilai-nilai moderat dalam arti al-wasat sebagai model berfikir dan berinteraksi secara seimbang di antara dua kondisi, sehingga sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dalam berakidah, beribadah dan beretika, setidaknya bisa dilihat kesesuaiannya dengan pertimbangan-pertimbangan dalam berperilaku dan beretika.
References
Branch, R.M.(2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer
Gall, M. D.; Gall, J. P.; & Borg, W. R. (2003). Education Research: An Introduction. 7th Edition. New York: Pearson Education
Kasanah, at al. Book Design of Online Based Islamic Education Subjects at the Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Journal of Development Research: V.4 No.1. 76-81.Mei 2020.
Kasanah, SU. at al. Development of Islamic Nusantara Course Module at Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Journal of Development Research: V.3 N.3. 69-74. 2019.
Kusmanto, J; Siregar, S.A. Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Bahasa Inggris Berbasis Task-Based Language Teaching (TBLT). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 19, Nomor 1, April 2019, 1-17.
Maryati, at al. (2019).Kontribusi Kecerdasan Intrapersonal Siswa Terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa SMK se-Kota Blitar, Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 4 No. 4 Tahun 2019.
Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Sistem Nasional Pendidikan, perencanaan pembelajaran merupakan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap muatan pembelajaran.
Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Surat keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama No. 610?A.II.04.d/12/2020 tentang Statuta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar.