Implementasi Strategi Marketing Mix Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Bank Mandiri Kantor Cabang Blitar

  • Samlatul Izzah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam memutar roda perekonomian di Indonesia. Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Blitar merupakan salah satu Lembaga keuangan yang bertempat daerah Blitar yang berperan sebagai pendorong ekonomi dan pembangunan daerah di segala bidang dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan taraf hidup masyarakat. Lembaga keuangan khususnya Bank ini juga memiliki persaingan yang cukup ketat, Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Blitar harus bisa memperhatikan beberapa hal agar tetap berkembang dalam persaingan usaha, dengan demikian maka perusahaan berusaha berbagai cara agar usaha yang didirikan mampu bersaing. Salah satu produk jasa yang ditawarkan dari Bank Mandiri Kantor Cabang Blitar yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dengan menerapkan 7p, product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process (proses). Menunjukan bahwa Product KUR SUMI dan KUR Kecil masih belum melampaui target yang ditentukan dengan persentase -82% dan -26%. Dalam Variabel Price KUR tersebut memiliki tarif bunga 6% tanpa ada biaya administrasi lainnya. Cara melakukan promosi Bank Mandiri Kantor Cabang Blitar melakukan promosi dengan cara door to door, referral dan media sosial. Pada variabel Place Bank Mandiri Kantor Cabang Blitar ber tempat ditengah kota Blitar. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seminar, training yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri Kantor Pusat. Bank Mandiri Kantor Cabang Blitar telah menerapkan strategi prosesnya sesuai dengan undang-undang standar prosedur pelaksanaan kegiatan yang ada. Strategi bukti fisik ini tentang produk pembiayaan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri Kantor Cabang Blitar berupa jasa yang berwujud dan tidakberwujud

Published
2024-04-02
Section
Islamic Economics and Psychology