Kepuasan Pelanggan “Dan Cell” Warujayeng-Nganjuk: Peran Harga, Kualitas Pelayanan, dan Citra Toko

  • Andrean Arsyansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: Harga Kualitas Pelayanan Citra Toko Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengekplorasi peran harga, kualitas pelayanan, dan citra toko secara parsial dan simultan dalam menentukan kepuasan pelanggan di Counter HP “Dan Cell” Warujayeng Kabupaten Nganjuk. Penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif kausal ini dilakukan selama 6 bulan dengan 100 responden yang dipilih secara acak. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan Skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan citra toko tidak signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan baru penelitian ini adalah bahwa citra toko tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, berbeda dengan penelitian sebelumnya. Hal ini perlu dipertimbangkan dalam implementasinya di dunia bisnis telepon selular.

References

Basri, H., Ma’mun, M. Y., & Malihah, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Toko Ponsel Sahabat Selluler Martapura. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 99–113. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2284
Budianto, A. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ombak.
Darmawan, K. G., Yulianthini, N. N., & Mahardika, A. A. N. Y. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 74-82.
Faradisa, S. D., & Sadiqin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Counter Farah Cell. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 2(1), 56–61. Retrieved from https://www.embiss.com/index.php/embiss/article/view/62
James, B. G. (2003). Secrets of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi Offset.
Jasfar, F. (2011). Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2021). Signifikansi Harga, Fasilitas Dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Hotel. Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 11(2), 67-78. https://doi.org/https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.167.
Ranto, D. W. P. (2017). Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(2). Retrieved from http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/62.
Sardanto, R., Meilina, R., & Muslih, B. (2018). Membangun Persepsi Publik Melalui City Branding. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sidiq, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone di Karesidenan Surakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 1-15.
Sinollah, Wahidah, S. M., & Khoiriyah N. (2022). Analisis Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone. Journal of Islamic Business and Enterpreneurship, 1(1), 1-6.
Sumarwan, U. et al. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Yong, C. Z., & Yun, Y. W. L. (2013). The Quest for Global Quality, Terj. Sutanto. Jakarta: Pustaka Delepratasa.
Published
2024-04-02
Section
Islamic Economics and Psychology