Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun dengan Penerapan Kegiatan Fun Cooking di TK Al Muhajirin Kota Malang
Abstract
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran secara klasikal menyebabkan kurangnya stimulus perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui media pembelajaran fun cooking. Penelitian ini berfokus pada stimulus kemampuan aspek kognitif yang berkaitan dengan berpikir logis yang memiliki indikator capaian mengkelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan membuat sebuah urutan A-B-C-D yang berurutan. Metode penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian kolaboratif yang terbagi dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun berjumlah 13 anak. Analisis data ini berupa teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif bertujuan untuk mengetahui paparan hasil ketercapaian aspek perkembangan kognitif dengan pelaksanaan kegiatan Fun Cooking dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan nilai kelas pada siklus I mencapai 69% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92%. Pada kedua siklus mengalami kenaikan penilaian kelas sebesar 23%.
References
Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media Aksara
Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta.
Dodge and Colker. 1992. The Creative Curriculum For Early Chilhood. Washington, DC: Teaching Strategies, Inc
Mayeski, M. 2002. creative activities for young children, 7th edition. United States: Delmar.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Mutiah, 2010. Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Salemba Humanika
Sujiono, Yuliani. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Yusuf, Saifudin. 2020. Pengembangan E- Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tahun 2020. JURNAL PENDIDIKAN: RISET & Konseptual. Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.303