Lifestyle Marketing dalam Media Sosial: Studi Analisis Resepsi pada Hijabers di Kota Blitar

  • Miftakhul Rohman Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Imam Subaweh STAI al-maa'rif Baradatu way Kanan
Keywords: Life style Marketing, Media Sosial, Resepsi Audiens

Abstract

Busana merupakan fenomena yang unik dan menarik berbagai bidang kajian keilmuan, salah satunya adalah dari kacamata Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sejarah perkembangan busana di dunia juga ditandai dengan banyaknya public figure yang menyebarkan kebudayaannya dengan busana yang kemudian diikuti oleh masyarakat yang lebih luas. Di sisi lain, hijab kemudian hadir sebagai personalitas yang merepresentasikan wanita muslim di dunia. Dengan keberagaman objek penelitian yang lahir dari media sosial, penelitian ini mencoba memaparkan mengenai resepsi audiens perempuan terhadap aktivitas influencer hijab dan busana yang dianggap sebagai sumber opini publik dan tampilan penggunaan busana terkini oleh khalayak. Dengan menggunakan metode Group Interview sebagai metode pengambilan data, didapatkan hasil bahwa mayoritas informan memiliki penerimaan yang berbeda-beda.

References

Blumer, Herbert. (1969). Symbolic interactiosm: Perspective and method. New Jersey: Herper and Row

Easey, M. (2002). Fashion Marketing (Edisi ke-3). Oxford: Blackwell Science. Diakses pada tanggal 7 Februari 2016, dari http://books.google.nl

Handayani, Trisakti & Sugiarti. (2008). Konsep dan Teknik Penelitian Gender (Edisi Revisi). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Hall, Stuart. (2011). Encoding/Decoding. Dalam Stuart Hall, Dorothy Hobson, Andrew Lowe, dan Paul Wilis (eds.). Culture, Media, Language, London: Hutcison

Hjarvard, S. (2008). The mediatization of society: a theory of the media as agents of social and cultural change. Nordicom Review 29(2): 105–134.

Kavakci, Elif & Kraeplin, Camille R. (2017). Religious beings in fashionable bodies: the online identity constrution of hijabi soial media personalities. Media Culture & Society journal. Vol. 39(6) 850-868

Marshall, D. (2010). The specular economy. Society 47: 498–502

Moore, Shaun. (1993). Interpreting audiences: the ethnography of media consumption. London: Sage Publication

Nurudin. (2003). Komunikasi Massa Malang: CESPUR

Rudolph, Franziska. (2013). Successful Fashion and Lifestyle Blogs (The Business, Marketing and Benefits). 1-99. Berlin School of Economics and Law.

Sathish, S. & Rajamohan, A. 2012. Consumer Behaviour and Lifestyle Marketing Journal. International jounal of marketing. 152-166.

Tilburg, Mirre V. (2012). Fashion Blogger and Their Ongoing Journey to Increase Their Capital. 1-45. Stockholms Universitet Department of Media Studies

Widjaja, Bernard T. (2009). Lifestyle Marketing Servlist: Paradigma Baru Pemasaran Bisnis Jasa & Lifestyle. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama

Published
2021-04-30