Kajian Al-Qur’an Dalam Bingkai Komunikasi
Abstract
Dengan meneliti aspek komunikasinya, dapat diketahui bahwa kemunculan ayat al-Qurán dalam fenomena Aksi Bela Islam 212 dilatarbelakangi berbagai kepentingan dan juga misi propaganda. Dengan demikian maka dapat dipahami mengapa kehadiran ayat utama, surat al-Maidah ayat 51, dapat berlanjut dengan kemunculan ayat lain yang secara umum tidak memiliki keterkaitan makna. Kemunculan “ayat 212” di landasi oleh kepentingan komunikator untuk membangun opini masyarakat dan melakukan propaganda dengan membuat masyarakat terpengaruh oleh informasi yang diberikan. Muatan ayat al-Qurán yang dinilai sacral menjadi nilai utama yang membuat informasi dari komunikator dipercayai oleh segolongan masyarakat. Saat kepercayaan telah terbangun dalam masyarakat, maka hal berikutnya yang terjadi adalah tindakan masyarakat yang telah terpengaruh oleh informasi yang dibentuk oleh komunikator. Titik tindakan inilah yang menunjukkan keberhasilan komunikasi al-Qur’an yang dilakukan dalam fenomena Aksi 212, sekaligus menunjukkan bagaimana al-Qurán secara fungsional hidup ditengah segolongat umat Islam. Selain menunjukkan bagaimana proses realitas al-Qurán dalam masyarakat, kajian ini juga menunjukkan bagaimana munasabah ayat memiliki bentuk baru. Relasi ayat yang selama ini ditentukan oleh makna ayat, dalam fenomena ini ditentukan secara simbolis menggunakan symbol 212. Sekali lagi bentuk munasabah baru ini terjadi karena sebuah kepentingan dibalik penghadiran ayat al-Qurán dalam fenomena 212.
References
Baran, Stenley J. dan Dennis K. Davis, Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba, 2010.
Hamid, Farid dan Heri Budianto. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana, 2011.
Hidayat, Dasrun. Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya: Fakta Penelitian Fenomenologi Orang Tua Karir dan Anak Remaja. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
McLuhan, Marshall. Understanding The Media. New York: McGraw-Hill, 1964.
Morissan. Teori Komunikasi Massa: Media, Budaya dan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.
Muhtadi, Asep Saiful. Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan dan Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2012.
Nasrullah, Rulli.Cyber Media. Yogyakarta: Ide Sejahtera, 2013.
Nimmo, Dan. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media. Bandung:Rosda Karya, 1993.
Prisgunarto, Ilham. Praktik Ilmu Komuniksi Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jakarta: Teraju: 2004.
Santoso, Edi. Teori Komunikasi.Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Senjaya, S. Juarsa. Materi Pokok Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Snickars dan Vonderau, The YouTube Reader.2009
Syamsuddin, Sahiron. Metodologi Penelitian Living Qurán Dan Hadis. Yogyakarta: th press, 2007.



