Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia pada Anak Usia Dini

  • Rina Insani Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Dessy Farantika Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan  pembelajaran Reggio Emilia pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum di dalam pembelajaran Reggio Emilia dikenal sebagai emergen kurikulum, di mana penyusunan kurikulum dimulai dengan melakukan observasi minat anak.  Dalam pelaksanaan pembelajaran Reggio Emilia metode pembelajaran yang digunakan dikenal dengan istilah episode dan proyek, di mana anak dapat melakukan sendiri atau secara berkelompok. Episode merupakan perjumpaan jangka pendek, dan perjumpaan jangka panjang disebut proyek. Sedangakan sumber belajar terdapat istilah lingkungan merupakan guru ketiga yaitu Lingkungan merupakan sumber penting untuk perkembangan hubungan antara anak dan orang dewasa, dan hal tersebut tercermin dari penataan ruang fisik yang disatukan dan dilengkapi sehingga dapat menyatukan anak dengan orang dewasa. Guru menciptakan lingkungan yang ramah di mana perkembangan hubungan anak-anak dengan orang dewasa dapat lebih optimal. Penataan kelas, material, dan waktu, peran guru dan peran orangtua sangat penting mendukung proses pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran Reggio Emilia pada anak usia dini meliputi peran anak, peran gurum peran orang tua dan keluarga.

References

Abroad, C., Practicum, S., & Policy, S. 2015. Swedish Practicuum, 161–184

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta. AR-Ruzz Media

Arifin, I. 2009. The Bridging Programme Berbasis Pendekatan Reggio Emilia. Yogyakarta. Aditya Media

Arseven, A. 2014. The Reggio Emilia approach and curriculum development process. International Journal of Academic Research, 6(1), 166–171. Retrieved from https://doi.org/10.7813/2075-4124.2014/6-1/b.23

Birinci, C. M. 2018. Teacher in Reggio Emilia approach: Educational needs and views. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 279–290. Retrieved from https://doi.org/10.12973/ejmste/79800

Chotimah. C., Fathurrohman. M. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Coşkun, H., & Durakoğlu, A. 2015. A Project-Based Approach in Child Education : Reggio Emilia. International Journal of Humanities and Education, 1(2), 141–153

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Diana. R. Agustinus Arum Eka. 2015. “Golden Generation and Conservation Nation”: Proyek dalam Kelas Pendidikan Guru Prasekolah, 4(2), 96–100.

Ewards, C., & Gandini, L. 2015. Teacher research in Reggio Emilia, Italy: Essence of a dynamic, evolving role. Faculty Publications, Department of Child, Youth, and Family Studies. 105., 89–104. Retrieved from http://digitalcommons.unl.edu/famconfacpubhttp://digitalcommons.unl.edu/famconfacpub/105

Fatma. 2014. Early Childhood Curriculum Model Report : Assessment of Reggio Emilia Approach.

Febriana. R. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Fraser,S. 2006. Autentic Childhood: Experiencing Reggio Emilia in the Classroom Second Edition. Canada. Thomson & Nelson Division

Gandini, L. 2011. Play and the Hundred Languages of Children: An Interview with Lella Gandini. Americal Journal of Play, 4(1), 1–18.

Gagliardi. D. 2015. Lev Vygotsky Speaks: Early Childhood Curricula. Senior Honors Projects, 2010-current. 116. Virginia. James Madison University, (online), https://commons.lib.jmu.edu/honors201019/116, diakses 13 Juli 2020

Gandini, L., & Kaminsky, J. A. 2004. Reflections from an American context on “The path toward knowledge”: An interview with Lynn White. Innovations in Early Education: The International Reggio Exchange, 11(3), 7–14.

Hadiati, E., & Fidrayani, F. 2019. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 69–78. Retrieved from https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4818

Hall, C. 2020. Implementing a Reggio Emilia inspired approach in a mainstream Western Australian context: The impact on early childhood teachers’ professional role. The Grants Register 2021, 344–345. Retrieved from https://doi.org/10.1057/978-1-349-95988-4_335

Hamzah.A. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang. CV Literasi Nusantara Abadi

Hanifah, H. 2018. Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 24. Retrieved from https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102

Hall, K., Horgan, M., Ridgway, A., Murphy, R., Cunneen, M., & Cunningham, D. 2014. Loris Malaguzzi and The Reggio Emilia Experience. British. Blomsbury Academic, (Online), (https://play.google.com/books/reader?id=I4uvAwAAQBAJ&hl=id&pg=GBS.PR3), diakses 13 Juli 2020.

Hasanah, U. 2019. Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. Retrieved from https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Kelemen.G. 2013. The Reggio Emilia Methode : A Modern Approach Of Preschool Education. Journal Plus Education. Arad. Aurel Vlaicu University. (online), (https://www.researchgate.net/publication/273729569_The_Reggio_Emilia_Method_A_Modern_Approach_Of_Preschool_Education), diakses 20 September 2020.

Kinney. L & Wharton. P. 2019. An Ecounter White Reggio Emilia Dokumentasi Kegiatan PAUD : Sarana Peningkatan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Kostelnik. M, Soderman. A, Whiren. A. 2017. Kurikulum Anak usia dini Berbasis Perkembangan Anak (Developmentally Appropriate Practice) (Edisi 5). Depok. Kencana

Latif, M., Zukhairina, Rita, Z., & Afandi Muhammad. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi (I, p. 429). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lestari, S., Suarni, & Antara, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Lindsay, G. 2015. Reflections in the Mirror of Reggio Emilia’s Soul: John Dewey’s Foundational Influence on Pedagogy in the Italian Educational Project. Early Childhood Education Journal, 43(6), 447–457. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10643-015-0692-7

Mercilliott-Hewett, V. 2001. Examining the Reggio Emilia approach to early childhood education. Early Childhood Education Journal, 29(2), 95–100.

Moleong, L. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Nurmadiah. 2015. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. AL Afkar, III, 1–28.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Presiden Republik Indonesia. Nomor 60 Tahun 2013. Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif.

Reggio Kids. (2013). Retrieved from :http://www.reggiokids.com/the_reggio_approach.html, (online), diakses 08 Oktober 2020

Robson, K., & Mastrangelo, S. 2018. Children’s Views of the Learning Environment: A Study Exploring the Reggio Emilia Principle of the Environment as the Third Teacher. Journal of Childhood Studies, 42(4), 1–16. Retrieved from https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18100

Rooijakkers. 1990. Mengajar dengan Sukses. Jakarta. Gramedia

Roopnarine, J, Johnson. J. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta. Kencana.

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Santín, M. F., Torruella, M. F., Pendidikan, D., Sosial, I., Musik, P., Barcelona, U., … Barcelona, U. 2017. Reggio Emilia : Alat Penting untuk Mengembangkan Pemikiran Kritis pada Anak Usia Dini, 6(1), 50–56.

Sayekti, T. 2016. ‘Jurnal Penelitian Dan Pengembangan PAUD’. Vol 7 Nomor 1. ISSN 2355-830N.Serang. Untirta

Septikasari dan Frasandy. 2018. Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar, Journal, (online), https://www.ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1597/0, diakses 20 Desember 2020

Siantajani,Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang. PT Sarang Seratus Aksara

Schroeder-Yu, G. 2008. Documentation: Ideas and Applications from the Reggio Emilia Approach. Teaching Artist Journal, 6(2), 126–134. Retrieved from https://doi.org/10.1080/15411790801910735

Sinica, A. P. 2013. Exploring Pedagogical Relationships Within A Culture Of Creativity In A Reggio Emilia-Inspired School, 50(5).

Slipp, K. 2017. The Image of a Child and the Reggio Emilia Philosophy. Retrieved from https://dspace.library.uvic.ca/bitstream/handle/1828/8015/Slipp_Kari_MEd_2017.pdf?sequence=3&isAllowed=y

Sriwilujeng. D. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Erlangga

Stoudt. A. 2020. Article The Reggio Emilia Approach. Scholatic Early Chilhod. (Online), (https://www.scholastic.com/teachers/contributors/site-contributors/alisa-stoudt/), diakses 08 Juli 2020

Sagala. S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Sudijono. A. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Suryabrata. S. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali

Susanto. A. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta. Bumi Aksara

Terry, George R. 2004. Prinsip-prinsip Manajemen. Terjemahan J. Smith D. F. M. Jakarta. Bumi Aksara.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Wiyani, N.A. 2017. Manajemen PAUD Berdaya Saing. Yogyakarta. Gava Media

Yulsyofriend,Yaswinda, Zulminiati. 2013. Pelaksanaan Model Reggio Emelio Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Pedagogi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume XIII No.1 April 2013. (Online), (https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/download/4831/2739), diakses 13 Juli 2020

Zed, M. 2014. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Technische Universtität München, L.-M.-U. M. 2018. The Aplication Of Playing Based On Reggio Emilia’s Approach To Stimulate Early Childhood Creativity. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 1(Snpd), 555–561.

Tzuo, P.-W., & Chen, D.-T. 2012. Towards a Reflexive Pedagogy in Early Childhood Education: Interweaving the Project Approach and the Reggio Emilia Approach. The Pacific in Early Childhood Education Early Childhood EducatTzuo, P.-W., & Chen, D.-T. (2012). Towards a Reflexive Pedagogy in Early Childhood Education: Interweaving the Project Approach and the Reggio Emilia Approach. The Pacific in Early Childhood E, 6(2), 69–83

Yusuf, Saifudin. (2020). Pengembangan E- Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tahun 2020. JURNAL PENDIDIKAN: RISET & Konseptual. Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.303

Published
2021-12-31
Section
Educational Sciences