Penerapan Problem Based Learning Untuk Memaknai Ukhuwah Nahdliyah Dengan Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
Abstract
Hidup pada era abad 21 membutuhkan sikap persaudaraan, kerukunan, persatuan, dan solidaritas, khususnya dalam lingkungan mahasiswa. Dalam berinteraksi, mahasiswa UNU Blitar perlu menjunjung tinggi prinsip ahlussunnah waljama’ah yang menempatkan manusia pada kedudukan yang sama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan implementasi model Problem Based Learning (PBL) untuk memaknai ukhuwah nahdliyah dengan mengintegrasikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Prodi Ilmu Komputer FIE Universitas Nahdlatul Ulama Blitar pada mata kuliah Aswaja dan Ke-NU-an. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis deskriptif dengan alur data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran memaknai ukhuwah nahdliyah dengan menerapkan sintak PBL yang terintegrasi dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dapat menggambarkan situasi yang kondusif. Rencana pembelajaran yang dirancang telah diimplementasikan dengan tepat. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa telah terasah dengan sintak PBL yang mengakomodasi mahasiswa untuk belajar dan bekerja sama dalam tim untuk menemukan alternatif solusi atas masalah yang nyata tentang ukhuwah nahdliyah.
References
Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Eggen, Paul & Kauchack, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT. Indeks.
Graaff, Erik De dan Anette Kolmos. (2003). Characteristics of Problem-Base Learning. Interbational Journal of Engineering Education, 19(5), 657-662.
HmeloSilver, C. E., & Barrows, H. S. (2006). Goals and strategies of a problem-based learning fa¬cilitator. The interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1), 21-39.
Lynch, Cindy L. & Wolcoot, Susan K. (2001). Help¬ing Your Students Develop Critical Thinking Skills. Idea Paper 337.
Rainbolt, G. W. dan Dwyer, S.L. (2012). Critical Thinking: The Art of Argument. Boston: Wadsworth, Cengage Learning.
Santrock, J.W. (2001). Educational Psychology. Fifth Edition. New York: McGraw-Hill.
Wulandari, Nadiah., Sjarkawi & Damris M. (2011). Pengaruh Problem Based Learning dan Kemam¬puan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi. 1(1). 14-24.



