Peran Orang Tua Terhadap Model Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di TK Kartika Kota Batu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana peran orang tua dalam pembelajaran daring, dan memberi kontribusi kepada peneliti relevan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan pada saat penelitian sedang berlangsung ( on going process). Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada aktivitas belajar anak selama mengikuti kegiatan pembelajaran melalui daring. Peningkatan tersebut dapat dilihat setelah TK Kartika menerapkan beberapa strategi pada pembelajaran daring
References
Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Haerudin, dkk. (2020). Pembelajaran di Rumah Sebagai Upaya, 1–12. Retrieved from https://www.academia.edu/43187278/Peran_Orang_Tua_dalam_Membimbing_Anak_
Selama_Pembelajaran_dirumah_sebagai_upaya_memutus_rantai_covid_-_19
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, B. P. D. Pedoman Pelaksanaan BDR (2020). Indonesia.
Moeloeng. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mursid, M. /A. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD (1st ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur Abstrak, 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Putri Bungsu, dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia, 5(1), 11–20. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1229/645
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wulandari, H., Purwanta, E., & Kanak-kanak, T. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Abstrak, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yusuf, Saifudin. 2020. Pengembangan E- Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tahun 2020. JURNAL PENDIDIKAN: RISET & Konseptual. Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.303



