Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Para Nasabah Di BMT Kabupaten Blitar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan? yang terdiri dari berwujud, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan.2) Faktor dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan. Ini terbukti dari hasil analisis regresi diperoleh nilai F-hitung > F-tabel (30.744 > 2.45) pada taraf signifikansi 5%. Itu memberikan bukti pada pelayanan, kehandalan personel dalam memberikan pelayanan, ketepatan dalam genggaman petugas menanggapi keluhan pelanggan, memberikan jaminan pelayanan, dan memberikan perhatian pada keluhan pelanggan menyebabkan perhatian pelanggan dan loyalitas kepada perusahaan, 2) Dimensi keandalan adalah dimensi yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Hal itu dapat dilihat dari hitung nilai t-hitung dimensi keandalan (4,004) lebih tinggi dari yang lain dimensi t-hitung berwujud (3.106), daya tanggap 3.779), jaminan (2,614), dan empati (3.188). Artinya jika kehandalan dalam memberikan pelayanan menyebabkan pelanggan merasa puas.
References
Assael, Henry. 1992. Customer Behavor and Marketng Acton, fourt edton. PWS-KENT Publshng Company, Boston.
Babacus E. dan Boller, 1992. An Emprcal Assesment of The Servqual Scale: Journal of Busness Research Vol. 24.
Departemen Agama R. 2008. Alqur’an dan Terjemahan. Semarang: PT. Toha Putra Semarang.
Evans, James R. and Wllam M. Lndsay. 1996. The Management and Control of Qualty. Thrd edton. West Publshng Company: Mnneapols.
lm, Makhalul. 2002. Teor dan Praktek Lembaga Mkro Keuangan Syarah. Cetakan Pertama. U Press.
swahyud, Hars. 2009. Pengaruh Faktor-Faktor Kualtas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah d BMT Amanah Ummah. Skrps tdak dterbtkan. Surakarta: Program Stud Manajemen Syarah Sekolah Tngg Agama slam Neger Surakarta.
Kotler, Phlp. 1995. Manajemen Pemasaran Analss, Perencanaan mplementas dan Pengendalan. Jakarta: Salemba Empat.
_______. 2000. Manajemen Pemasaran Analss, Perencanaan mplementas dan Pengendalan. Jakarta: Salemba Empat.
Munawaroh, Munjat. 2000. Analss Pengaruh Kualtas Jasa Terhadap kepuasan pada ndustr Penddkan d Yogyakarta. Unverstas Muhammadyah Surakarta: JSB No. 5 Vol. 2.
Nunnally, C.J. 1967. Psychometrc Theory, McGraw-Hllseresn. Parasuraman, Zethaml, A.V dan Berry L., 1985. A Conceptual model of Servce Qualty: Journal of Retalng, Vol. 67: 420-450.
_______. 1994. Reassesment of Expetatons as a Comparson Standar n Measurng Servce Qualty. mplcaton for Futher Research: Journal of Marketng Vol. 59. Reeves, Carol A. and Davd Bednar, 1994. Defnng Qualty: Qualty Alternatves and mplcaton, The Academy of Management Revew. Vol. 19 (3), July, 419-445.
Royne, Mara Stafford, 1994. How Customer Perceve Servce Qualty. Journal of Retal Bankng, Vol XV, No. 2 Summer 1-15.
Rdwan, Muhammad. 2005. Manajemen Batul Maal Wa Tamwl (BMT). Cetakan kedua. Yogyakarta: U Press. Spencer, Barbara A., 1994. Model of Organzaton and Total Qualty Management: A Comparson and Crtcal Evaluaton, The Academy of Management Revew, Vol 19 (3), July, 446-471.
Tjptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Jakarta: Bayu Meda Publshng.
_______. 2007. Pemasaran Jasa. Jakarta: Bayu Meda Publshng.
Umar, Husen. 1999. Metode Peneltan dan Aplkas dalam Pemasaran. Jakarta: Grameda Pustaka Utama.
Utam, Anggt dan Y, Ann Aryan, 2004. Pengaruh Faktor-Faktor Kualtas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Stud Kasus D Bsm Cabang Surakarta). Fakultas Ekonom UNS: Jurnal Akuntans dan Bsns Vol. 4.
Yamt, Zulan. 2002. Manajemen Kualtas Produk dan Jasa. Yogyakarta: EKONOSA.



