Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya dan Gerak dengan Metode Numbered Heads Together
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan Metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar tentang “Energi Pada Gaya dan Gerak Suatu Benda” bagi siswa. 2). Mendeskripsikan pelaksanaan metode Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Variabel penelitian adalah hasil belajar, melalui Metode Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes formatif tiap siklus, dengan instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal. Hasil yang diperoleh berupa hasil belajar siswa mencapai KKM (≥70) Pada pelaksanaan siklus I siswa yang sudah tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase 81,25% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 18,75%. Pada pelaksanaan siklus II jumlah siswa yang sudah tuntas meningkat sebanyak 20 siswa dengan persentase 100 % dan siswa yang belum tuntas sebanyak 0 siswa dengan persentase 0 %. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa Kelas VI Semester II SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Dari hasil penelitian tersebut, disarankan dalam implementasi pembelajaran di sekolah dapat menggunakan Metode Numbered Heads Together untuk Peningkatan Prestasi Belajar siswa.