Dampak Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar SISWA SMP Negeri 2 Grogol

  • Erwan Santosa SMP Negeri 2 Grogol Kec. Grogol Kab. Kediri
Keywords: Kedisiplinan Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.) Mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa pemberian layanan bimbingan kelompok. 2.) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII-B Semester II UPTD SMPN 2 Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil Evaluasi, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 75,00%, siklus II 100,00%. Simpulan dari penelitian ini adalah Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Teknik Learning Community dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII-B, sehingga metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Published
2023-08-26