Peningkatan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Seni Tari melalui Strategi Belajar Sambil Bermain Di RA Al Hikmah Doroampel Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Liliek Latifah Ra Al Hikmah Doroampel Kabupaten Tulungagung, Indonesia

Abstract

Selama Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak di RA Al Hikmah Doroampel Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung melalui penerapan metode belajar sambil bermain. Studi tersebut dilakukan di ruang kelas. Model Kemmis dan Mc Taggart digunakan untuk merancang penelitian ini, yang mencakup elemen perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan oleh RA Al Hikmah Doroampel, seorang guru seni tari di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Studi ini melibatkan 16 siswa dari kelompok B, 8 laki-laki dan 8 perempuan. Data dikumpulkan melalui pengamatan. Lembar obsevasi dan catatan harian digunakan dalam penelitian ini. Pemrosesan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) peningkatan perbandingan elemen kreativitas sebelum dan sesudah tindakan; dan (2) minimal skor 61 untuk setiap elemen kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui tindakan dan strategi belajar sambil bermain. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak-anak memperoleh skor kreativitas rata-rata 57,9; pada siklus I, semua aspek kreativitas telah berkembang kecuali elaborasi dan orisinalitas; pada siklus II, skor rata-rata meningkat menjadi 85,83 dan semua aspek telah berkembang, tetapi dua aspek, elaborasi dan fleksibilitas, belum mencapai puncaknya; dan pada siklus III, skor rata-rata meningkat menjadi 96,66 dan semua aspek telah mencapai puncaknya. Studi ini menemukan bahwa jika guru ingin meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran seni tari, mereka harus menggunakan strategi belajar sambil bermain.

Published
2023-08-26