Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi tentang Sistem Peredaran Darah Manusia melalui Creative Problems Solving pada Siswa Kelas XI IPA 3 Semester 1 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Ichdatul Hulamiah SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung, Indonesia

Abstract

Dalam pelajaran Biologi di Kelas XI IPA 3, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa memperoleh hasil belajar yang tidak memuaskan. Dari 32 siswa, hanya 8 mencapai KKM 75 atau lebih, dan 24 lainnya tidak mencapainya. Ini terjadi karena guru tidak memberikan penekanan yang cukup pada materi tentang Sistem Peredaran Darah Manusia; guru meninggalkan ruangan setelah memberikan tugas kepada siswa; guru tidak menggunakan strategi atau teknik untuk mendorong kreativitas siswa; dan siswa terus bermain sendiri selama pelajaran. Selama siswa di Kelas XI IPA 3 belajar tentang Sistem Peredaran Darah Manusia, peneliti bertindak sebagai instruktur, rekan peneliti, dan pengamat dalam penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian masalah kreatif memiliki kriteria keberhasilan yang baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Nilai pasca-tes siswa di setiap siklus melebihi KKM. Nilai I adalah 65,6 persen dan nilai II adalah 90,6 persen. Oleh karena itu, guru harus menggunakan metode ini saat mengajarkan materi biologi tentang sistem peredaran darah manusia untuk mencapai hasil yang lebih baik bagi siswa mereka.

Published
2023-08-25