Meningkatkan Pengetahuan Sains melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Tema Binatang Kelompok B-1 Semester II

  • Sulikah Sulikah TK Dharma Wanita Kepung 3 Kec. Kepung Kab. Kediri
Keywords: Sains, Pendekatan Eksplorasi Lingkungan, Kelompok B

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tindakan kelas dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitiannya anak didik Kelompok B TK Dharma Wanita Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak, Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak didik. Validitas data menggunakan validitasisi (content validity). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eksplorasi Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan kemampuan sains anak didik terbukti dari kenyataan bahwa kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, rata-rata persentasi kemampuan sains anak sebesar 41.18%. Kemudian setelah dilakukan tindakan penelitian kelas melalui Eksplorasi Lingkungan Sekitar rata-rata persentasi kemampuan sains anak meningkat menjadi 58.82%. Berikutnya pada siklus II rata-rata persentasi kemampuan sains anak meningkat sebesar 70.59% dan terakhir pada siklus III rata-rata persentasi kemampuan sains anak sudah mencapai target sesuai dengan yang diharapkan peneliti yaitu sebesar 88.24%.

Published
2023-08-26